Jadi Penulis Andal, Puluhan Guru SMK Muhammadiyah 1 Jakarta Ikuti Workshop

Publish

13 December 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
172
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 1 Jakarta adakan Workshop Pelatihan Menulis dengan menghadirkan narasumber Hendra Apriyadi, M.Pd. selaku Anggota Pimpinan Majelis DIKDASMEN dan PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 12/12/2023 di ruang Teori Teknik Otomotif diikuti oleh 31 guru SMK Muhammadiyah 1 Jakarta. 

Dalam pelatihan menulis tersebut, guru diajarkan cara membuat bahan ajar yang dapat digunakan di kelas. Guru juga diajak untuk praktik menulis berita secara langsung guna mempromosikan sekolah kepada masyarakat luar. 

Hendra Apriyadi, M.Pd. mengatakan, “Dengan memahami dan mengintegrasikan literasi dalam praktik pengajaran, guru SMK Muhammadiyah 1 Jakarta dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk generasi muda yang literat dan siap menghadapi tantangan masa depan. Literasi tidak hanya dianggap sebagai tujuan terpisah tetapi diintegrasikan ke dalam kurikulum. Guru dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang mempromosikan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam konteks pelajaran teknis yang diajarkan di SMK."

"Selain itu, dengan kegiatan pelatihan menulis bagi guru juga dapat mengembangkan keterampilan literasi dan mengintegrasikannya secara efektif dalam pengajaran. Para guru akan mendapatkan pengetahuan serta dapat berkarya nyata setalah mengikuti pelatihan menulis. Oleh karena itu, untuk menyukseskan program ini maka perlu dibuatkan tim pengembang literasi khusus guru SMK Muhammadiyah 1 Jakarta." Tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Febriantoni, M.Pd. selaku kepala SMK Muhammadiyah 1 Jakarta menyampaikan, "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi guru serta agar guru-guru dapat menulis di media online yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah 1 Jakarta," pungkasnya. 

Senada dengan hal tersebut, Ikhwan Muttaqin, S.T., M.Pd. selaku ketua panitia sekaligus wakil kepala sekolah berharap guru-guru dapat menulis sesuai yang diajarkan oleh narasumber serta dapat menulis modul ajar holistik integratif dengan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. (Tati Nurkhikmah)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Kunjungan pasien Rumah Sakit (RS) Aghisna Medika Kroya meningkat ....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Berita

Meriahnya Pengukuhan PDM dan PDA Jakarta Selatan, Siap Bersinergi dengan Lembaga Pendidikan dan Kese....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di kompleks pelataran masjid Baitul Makmur Panaragan Jaya Uta....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Tantangan dunia saat ini semakin berat dan kompleks. Demikian jug....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Unismuh Makassar, Prof H Ambo Asse, dan Rektor Universitas Al-....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah