Keren! Tiga Kader IPM Ikuti Kegiatan Tingkat ASEAN

Publish

6 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
695
Kader IPM Ikuti Kegiatan Tingkat ASEAN

Kader IPM Ikuti Kegiatan Tingkat ASEAN

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tiga kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) mengikuti kegiatan setingkat ASEAN, 5P Campus yang digelar oleh Ecco Foundation di Lombok dan Jakarta, (3-7/9/2023). Ketiga kader tersebut adalah Ananul Nahari Hayunah, Direktur LAPSI PP IPM 2021-2023; Yusuf R Yanuri, PP IPM 2021-2023, dan Haris Maulana, Ketua Umum PD IPM Padang, Sumatra Barat.

Ananul menyebut bahwa dalam kegiatan tersebut, ia belajar tentang 5P yang merupakan singkatan dari people, planet, prosperity, partnership, dan peace. Selain itu, ia juga belajar Sustainable Development Goals (SDGs) di desa Genggelang, Lombok Utara, NTB. 

"Desa Genggelang adalah desa binaan dari ECCO Foundation. Di desa ini kita bisa mengeksplorasi bagaimana pengimplementasian SDGs bisa dilakukan yang sesuai dengan kearifan lokal yang ada. Di Desa Ganggelang, kita belajar dari sejarah desa yang memberikan pengalaman dari pilar Peace, pembuatan coklat sampai ecoprint sebagai bentuk nilai prosperity, sampai mempelajari penggunaan energi bersih yang memberikan inspirasi dan menjalin nilai Partnership untuk bersama melindungi bumi," ujar Ananul, Selasa (5/9/2023).

Menurutnya, kegiatan tersebut luar biasa keren. Ia bisa mengeksplorasi nilai baik yang ada pada kearifan lokal warga Genggelang dan melihat pengimplementasian SDGs secara nyata di desa tersebut. 

"Kami juga mendapatkan teman dari 11 Negara di ASEAN. Karena ini adalah kegiatan tingkat internasional, kami diharuskan menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi sesama partisipan di acara ini. Kita juga dapat sharing tentang kearifan lokal masing-masing negara," imbuhnya.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada kader IPM untuk mempelajari bahasa Inggris dengan baik, karena hal tersebut akan menjadi skill dasar untuk merealisasikan gerakan internasionalisasi yang dicanangkan oleh Muhammadiyah. Dengan skill bahasa Inggris yang baik, imbuhnya, kader IPM bisa mengeksplorasi hal-hal global, seperti bisa mengikuti program-program tingkat internasional dan bisa memiliki banyak teman secara global. 

"Jangan takut mencoba hal baru, karena kita akan banyak mendapatkan banyak pengalaman yang keren," pungkasnya. (Yusuf)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kekalapan Israel, paling tidak semenjak Oktober 2023 yang lalu, memang....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar menggelar Bimbingan Akr....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Di era digital dan teknologi, penting bagi orang tua untuk meningkatkan i....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pasca Muktamar keempat beberapa waktu lalu di Malang Jawa Tim....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

BOJA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., Mk....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah