Koperasi ‘Aisyiyah Kudus Gelar RAT, Wujud Kekeluargaan dan Gotong Royong

Publish

19 February 2024
pdm
pda

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
193
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan momen penting bagi sebuah koperasi. Forum ini menjadi wadah bagi para anggota untuk mengevaluasi kinerja koperasi selama satu tahun terakhir, sekaligus menentukan arah dan strategi untuk masa depan.

Koperasi ‘Aisyiyah Kabupaten Kudus telah menggelar RAT tutup tahun buku 2023 pada Ahad, 18 Februari 2024 di Aula Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kudus, Jalan Kudus-Jepara Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus. Penyelenggaraan RAT tepat waktu yaitu tiga bulan setelah tutup buku di akhir tahun merupakan salah satu indikator koperasi yang sehat. 

Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kudus, Eny Alifah Kurnia, M.Pd.I. dalam sambutannya menyampaikan, “Saya sampaikan terima kasih atas kerjasama dari pengurus dan pengawas koperasi, yang secara rutin menggelar koordinasi dalam mengelola koperasi. Sebagai anggota, kita landasi dengan semangat kebersamaan, kita niatkan untuk ta’awun, saling membantu dalam mensejahterakan anggota. Selamat ber-RAT, semoga koperasi kita semakin berkembang lagi.”

RAT memiliki beberapa peran penting, di antaranya: pertanggungjawaban pengurus, evaluasi kinerja, penetapan kebijakan, dan penguatan transparansi. Pengurus menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas kinerjanya selama satu tahun kepada anggota. Saat RAT, anggota berkesempatan untuk memberikan masukan atas kinerja pengurus dan koperasi secara keseluruhan, RAT juga menjad forum untuk menentukan kebijakan dan strategi koperasi di tahun berikutnya, serta sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas pengurus.

Sebagai amal usaha yang dirintis oleh Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PDA Kudus,  Koperasi ‘Aisyiyah Kudus mengambil peran dalam usaha simpan pinjam dan usaha penyediaan barang bekerjasama dengan toko Q-TA bagi anggota yang memerlukannya berazas kekeluargaan, dengan berlandaskan pada nilai-nilai kekeluragaan. Semua anggota koperasi memiliki hak dan kewajiban yang sama, anggota koperasi saling membantu dan bekerja sama dalam mencapai tujuan Bersama, saling mendukung dan menguatkan, jujur terbuka, dan transparan. 

Sejak berdiri tahun 2015, koperasi dengan jumlah anggota sebanyak 157 orang ini telah memiliki modal sendiri sebesar Rp 221.461.200. Dengan program kerja meliputi pemberian pinjaman regular, simpan pinjam, pinjaman belanja di toko Q-TA, kegiatan sosial, dan lainnya.

Koperasi ‘Aisyiyah Kudus selain membangun komunitas yang saling mendukung dan memperkuat satu sama lain, dengan semangat gotong royong yang menjadi perekat yang menyatukan para anggota. 

Dalam mewujudkan azas kekeluargaan, koperasi melakukan berbagai kegiatan, diantaranya Rapat Anggota Tahunan sebagai forum untuk bermusyawarah dan mengambil Keputusan Bersama, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota untuk mengembangkan usahanya, memberikan akses keuangan yang mudah dan terjangkau bagi anggota, serta membuka peluang usaha baru. 

Penerapan azas kekeluargaan ini secara konsisten dan berkelanjutan akan menjadi fondasi yang kokoh bagi koperasi, yang dapat meningkatkan partisipasi dan loyalitas anggota serta memperkuat koperasi dalam menghadapi berbagai tantangan.

Tahapan yang dilalui dalam RAT secara umum meliputi persiapan, pembukaan, pengesahan tata tertib, laporan pertanggungjawaban, pembahasan dan penetapan, serta penutup. Dalam rangka mensukseskan RAT, pengurus dan pengawas koperasi mengedepankan keterbukaan dalam penyampaian informasi dan menjawab pertanyaan dari anggota.

RAT merupakan forum penting bagi koperasi untuk meningkatkan kinerja dan transparansi. Dengan penyelenggaraan RAT yang baik, diharapkan koperasi dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi anggotanya. (WNAgustina).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) memberikan apresiasi kepada mah....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu Brebes pers....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka)....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Masjid Baiturrahman Keran Troketon, Rabu 6 September....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Bertempat Aula GKB 1 Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah