Lima Pesan Kiai Dahlan Kuatkan Peran Keumatan Universal PCIA Pakistan

Publish

4 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Keberadaan PCIA sangat penting bagi kerja ‘Aisyiyah yang tentunya harus melakukan gerakan internasionalisasi yang lebih masif lagi.” Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah dalam Silaturrahim Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Pakistan Bersama Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah pada Ahad (3/3/24).

Dalam kegiatan yang berlangsung secara online ini Salmah menyebut bahwa keberadaan PCIA mempunyai peran strategis karena merupakan perwakilan gerakan ‘Aisyiyah di negara tempat PCIA berdiri. Hingga saat ini ‘Aisyiyah sudah memiliki 10 PCIA yakni Kairo-Mesir, Australia, Malaysia, Islamabad-Pakistan, Sudan, Taiwan, Turki, Hongkong, Jepang, serta Britania Raya dan Irlandia.

Oleh karena itu Salmah mendorong semua pengurus PCIA untuk dapat saling menguatkan, satu visi, satu ideologi untuk mencapai tujuan ‘Aisyiyah yakni menegakkan dan menjujung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Pada kesempatan tersebuut Salmah mengingatkan Kembali lima pesan Kyai Ahmad Dahlan yang disampaikan saat ‘Aisyiyah baru terbentuk pada tahun 1917. Pertama, bergabung di ‘Aisyiyah dengan keihklasan hati untuk menunaikan tugas sebagai perempuan Islam sesuai bakat dan kecakapakan serta tidak menghendaki sanjung puji serta tidak mudah mundur karena dicela.

Kedua, berorganisasi ‘Aisyiyah harus penuh ke-insyafan. Bahwa melakukan amal itu harus berilmu dan kalau sudah punya ilmu harus disempurnakan dengan melakukan amal dan dengan keinsyafan

Ketiga, jangan mengadakan alasan yang tidak diangagap sah oleh Allah hanya untuk menghindar suatu tugas yang dibeirkan. “Ini artinya tidak boleh memberikan alasan yang dbuat-buat untuk menghindari tugas dari ‘Aisyiyah,” ujar Salmah.

Keempat, membulatkan tekat berazam untuk membela kesucian agama Islam. “Karena organisasi kita berazaskan Islam sehhingga semua langkah yang dilaksanakan adalah untuk menjalankan ajaran Islam dan sesuai sunah Rasul.” 

Kelima, menjaga persaudaran dan persatuan, yakni menjaga satu sama lain untuk mewujudkan tujuan ‘Aisyiyah itu sendiri. Salmah meminta kelima pesan Kyai Dahlan ini dapat menjadi pegangan bagi para pengurus PCIA termasuk PCIA Pakistan.

Ketua PCIA Pakistan, Arfilia Rakhmawati dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi upaya penguatan ideologi bagi para pengurus PCIA. Selain itu PCIA Pakistan juga terus berupaya menguatkan gerak dakwah ‘Aisyiyah terutama bagi warga Pakistan. (Suri)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhamma....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Bulan Ramadhan tahun 1445 telah tiba, niscaya semua orang ber....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan acara tasyakuran dan rapat bulanan yang berlangsu....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah - Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

KATINGAN, Suara Muhammadiyah - Musim kemarau yang melanda beberapa daerah di Indonesia, dan salah sa....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah