Mutiara Ramadhan: Spiritualitas Ramadhan Untuk Peradaban Yang Berkemajuan

Publish

11 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
183
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Mutiara Ramadhan: Spiritualitas Ramadhan Untuk Peradaban Yang Berkemajuan

YOGYAKARTA, Suara Muhamamdiyah – Menyambut bulan suci Ramadhan, Suara Muhammadiyah menampilkan berbagai program spesial. Salah tersebut yaitu program Mutiara Ramadhan yang tayang berseri menjelang berbuka puasa.

Program Mutiara Ramadhan menghadirkan narasumber istimewa dari berbagai tokoh. Ramadhan 144H kali ini Suara Muhammadiyah mengangkat tajuk "Spiritualitas Ramadhan Untuk Peradaban Yang Berkemajuan".

Tayangan perdana Mutiara Ramadhan hadir Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media/ Suara Muhammadiyah Deni Asy'ari, MA Dt Marajo dengan Episode Membangun Semangat Ukhuwah di Bulan Ramadhan, Senin 11 Maret 2024.

Dalam Tausyiahnya, Deni mengungkapkan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, bulan yang ditunggu-tunggu karena di dalamnya penuh keberkahan penuh magfirah dan penuh kemenangan bagi umat Islam. Puasa Ramadhan memiliki nilai-nilai spiritual memiliki nilai-nilai normatif yang diajarkan di dalam Alquran.

“Selama ini kita memang didorong untuk melaksanakan ibadah puasa yang memiliki impak kepada pahala-pahala yang kalkulatif,” tutur Deni.

Misalnya saja ketika melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan Allah akan memberikan pahala 10 sampai 100 kali lipat yang berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Tapi dalam hadits tidak disebutkan bahwa berpuasa memiliki pahala sekian. Karena puasa hanya untuk Allah SwT.

“Artinya bahwa ada rahasia Allah di dalam puasa itu sendiri yang mungkin dalam konteks normatif ideal kita melaksanakan ibadah puasa sebagai sebuah Rukun Islam ada pahala dan nilai-nilai yang bersifat akhirat, tetapi dalam aspek historis dan sosiologi bahwa ibadah puasa memiliki aspek dan dimensi keduniaan,” tambahnya.

Sebagaimana tema yang ditulis oleh Suara Muhammadiah Spiritualitas Ramadhan untuk Menciptakan Peradaban yang Berkemajuan, maka ibadah Ramadhan merupakan sebuah Madrasah membentuk sebuah peradaban seperti spiritualitas, akal, jasmaniah, dan amaliah.

Selengkapnya Saksikan di Channel YouTube

Suara Muhammadiyah TV (SMTV)

Setiap Hari Jelang Berbuka

https://www.youtube.com/watch?v=H3PhdOaOtsw


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada pengajian hari ini Jum’at (08/03) di Masjid Islamic Cent....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam waktu dekat, Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta ak....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah resmi melantik kepeng....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati Hari Difabel Internasional (HDI), M....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

BATAM, Suara Muhammadiyah - Peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1445 ini hendaknya dapat kita jad....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah