OMOR MDMC Turun Langsung Respons Banjir Kalteng

Publish

25 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
212
Istimewa

Istimewa

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak 17 Januari 2024,  menjadi pemicu banjir yang terjadi di beberapa Kabupaten  di Provinsi Kalimantan Tengah.  antara lain Kabupaten Murung Raya, Barito Utara dan Barito Selatan. Intensitas Hujan yang tinggi  mengakibatkan air sungai meluap dan merendam beberapa titik lokasi.

Banjir merendam beberapa pemukiman warga dan juga fasilitas umum. Kerugian materil  dan non materiil  dengan jumlah warga terdampak, antara lain :
1. Kabupaten Murung Raya kurang lebih 33.178jiwa
2. ⁠Kabupaten Barito Utara  kurang lebih 44.634 jiwa
3. ⁠Kabupaten Barito Selatan kurang lebih 61.234 jiwa

Selain itu Fasilitas Umum yang juga terdampak akibat banjir, antara lain  Pasar, Sekolah, Tempat Ibadah, Perkantoran, Fasilitas Layanan Kesehatan, Rumah Warga dan fasilitas umum lainnya.

Pemerintah  Daerah telah menetapkan Status Tanggap Darurat , yaitu di Kabupaten Murung Raya sejak tanggal 17 Januari sampai  1 Februari 2024,  Kabupaten Barito Utara sejak tanggal  19 Januari sampai dengan  1 Februari 2024 dan Barito Selatan sejak tanggal  22 Januari sampai  dengan 4 Februari 2024.

Menyikapi kondisi sebagian daerah yang dilanda banjir. Provinsi Kalimantan Tengah juga telah  menetapkan Status Tanggap Darurat yang berlaku selama sepuluh hari yakni 23 Januari hingga 1 Februari 2024.

Lembaga Resiliensi Bencana atau MDMC  (Muhammadiyah Disaster Managemen Center)  Kalimantan Tengah merespon cepat kejadian Bencana Banjir tersebut dengan melakukan Asessmen langsung ke tiga Kabupaten yang terdampak tersebut.

Inayati Muharini Wakil Ketua I MDMC Kalimantan Tengah menjelaskan Sejak tanggal 17 - 21 Januari 2024,  Muhammadiyah  telah mendirikan Pos Layanan Muhammadiyah  di Kabupaten Murung Raya,  untuk Layanan "Dapur Umum" dengan jumlah penerima manfaat 1.500 jiwa  juga Pos Layanan Medis dengan jumlah penerima manfaat  sebanyak 60 jiwa.

Menurut Rini untuk Kabupaten Barito Utara dan Barito Selatan , sedang dalam tahap penghimpunan Data Kejadian, Lokasi dan Jumlah Warga maupun Fasilitas yg terdampak untuk selanjutnya akan merumuskan Kegiatan Respon apa yg akan dilakukan oleh MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat.

"Selain melakukan Asessmen, MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah juga melakukan longtrip di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten yg belum terbentuk MDMCnya," katanya.

Ia berharap Melalui semangat OMOR selain MDMC turun langsung untuk Respon, baik Lazismu Kalimantan Tengah maupun Lazismu Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang terdampak juga ikut menghimpun bantuan yg akan dialokasikan kepada Warga Penyintas Bencana Banjir tersebut. (Bon)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah – Rumah Sakit Umum (RSU) Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur melaks....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Asrama Mahasiswa Program Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah Univ....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

PADANG, Suara Muhamamdiyah - Implementasi MoU Bawaslu dengan LPP PP 'Aisyiyah, LPP PW 'Aisyiyah bers....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - BERAU, Suara Muhammadiyah - Muhammad Bayu, Rektor Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag,....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah