Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Mesti Tingkatkan Kesejahteraan

Publish

13 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
162
Foto Istimewa

Foto Istimewa

UMMAT, UAD Bersama Dispar NTB  Sukses Menaja Seminar Nasional

MATARAM, Suara Muhammadiyah - Dinas Pariwisata Provinsi NTB bersama Program Studi Magister Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) dan program Studi Magister Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah melaksanakan Seminar Nasional dengan tema Penguatan Sektor Pendukung Kepariwisataan Indonesia Dengan Kebijakan Berbasis Kearifan Lokal.

Seminar Nasional tersebut dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 9 Pebruari  2024 di Gedung Pasca Sarjana UMMAT. Seminar Nasional dibuka secara resmi oleh Direktur Program Sarjana UMMAT, Dr. Lukman,MPd. Seminar Nasional tersebut merupakan implementasi PKS antar Prodi Magister Hukum yang telah ditandatangani oleh Dr. Nurjanah Septyanun,SH,MH.dan Dr. Fithriatus Shalihah,SH,MH. pada pada bulan Agustus 2023 yang lalu.

Kedua prodi ini berkomitmen untuk bersinergi dalam melaksanakan tugas Catur Dharma Perguruan Tinggi. Tema yang diangkat sangat menarik mengingat sektor kepariwisataan merupakan salah satu kontributor terbesar penghasil devisa negara selain SDA & Pekerja Migran Indonesia di luar negri. Dengan penguatan sektor pendukung kepariwisataan dengan kebijakan berbasis kearifan lokal di masing-masing daerah diharapkan dapat lebih mengoptimalkan lagi tujuan pembangunan pariwisata nasional tanpa merusak nilai-nilai kearifan lokal bangsa yang telah ada. 

Para narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional tersebut terdiri dari Kadispar Prov NTB, Dr. Rina Rohayu, SH,MH (Dosen Hukum Program Magister UMMAT) dan Dr. Suryadi,SH,MHum yang merupakan Dosen Magister Hukum UAD. Masing-masing narasumber memberikan pemikiran yang sangat relevan dengan upaya penguatan sektor pendukung kepariwisataan Indonesia saat ini dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di masing-masing daerah dan menggali kembali nilai-nilai kearifan lokal agar menjadi nilai lebih dalam sajian pariwisata nasional.

Magister Hukum UAD saat ini telah memiliki Pusat Kajian Hukum Pariwisata yang siap bersinergi dengan berbagai pihak terkait dalam rangka memajukan pariwisata nasional. Seperti di DIY dan NTB saat ini sedang terus disemarakkan Pokdarwis salah satunya dengan mendesain desa adat menjadi desa wisata. Harapannya dengan support pemerintah dan sistem pengelolaan yang baik diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dan lebih baik. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gelaran Liga 3 Nasional 2023/2024 resmi bergulir, dengan fase grup ....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Nadia As Safa Noor Ilmi benar-benar luar biasa. Siswa kelas 6 SD Muha....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta mengadak....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

PALU, Suara Muhammadiyah  - Meskipun microfinance syariah di Tanah Air  memiliki banyak va....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

TANAHLAUT, Suara Muhammadiyah – Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  b....

Suara Muhammadiyah

24 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah