PCM Rawalumbu Siapkan Program Pemberdayaan Ekonomi

Publish

5 May 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
141
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BEKASI, Suara Muhammadiyah - PCM Rawalumbu Kota Bekasi Kembali akan menggelar Program Pemberdayaan Ekonomi (PPEU) Angkatan ke-10 pada Kamis (23/5/2024) di Aula TK Aisyiyah Buastanul Athfal 91 Taman Narogong Indah. Program PPEU ini bertujuan untuk menyalurkan  zakat mal kepada mustahik dan meningkatkan keberdayaan mustahik melalui peningkatan motivasi, etika  dan ketrampilan usaha serta pemberian tambahan modal.

M. Ikhwan Rahmanto, Ketua PCM Rawalumbu menegaskan bahwa “pemberdayaan ekonomi mustahik yang dilakukan ini merupakan upaya nyata untuk mengaktualkan potensi dan meningkatkan keberdayaan kelompok masyarakat ekonomi lemah melalui pemberian kesempatan usaha dan atau pengembangannya agar mampu  memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta selanjutnya diharapkan secara bertahap dapat mengubah status mustahik menjadi muzaki”.

Lebih lanjut, Rahmanto menjelaskan “PPEU sudah kita lakukan sampai Angkatan ke-10. Peserta Program sampai dengan Angkatan ke-9 berjumlah 103 mustahik yang mendapatkan penyertaan modal sebesar Rp. 1.500.000,- per orang. Dana bergulir ini didapat dari zakat mal yang diterima melalui Kantor Lazismu PCM Rawalumbu” tegasnya.

Sementara itu, Hidayat Tri Sutardjo, Kepala Kantor Lazismu PCM Rawalumbu menjelaskan bahwa “PPEU Angkatan ke-10 ini adalah guna menyalurkan zakat mal dalam bentuk usaha produktif melalui pelatihan manajemen usaha, pemberian modal dan pendampingan selama 10 (sepuluh) bulan untuk pengembangan usaha kepada mustahik utamanya fakir miskin, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi, etika, ketrampilan usaha dan komitmen ber-Islam-nya sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraanya lahir dan batin”

“Untuk itu, bila ada muzaki yang akan menyalurkan zakat mal nya Kantor Layanan Lazismu PCM Rawalumbu siap menerima dan menyalurkannya melalui transfer ke rekening Bank Syariah Indonesia Nomor 714 055 4841 dan bisa konfirmasi transfer ke WA 0816 1425 976.”

Secara operasional PPEU ini meliputi kegiatan Persiapan (penyiapan sumber dana dan sumberdaya manusia), rekruitmen Peserta Program (berbasis simpatisan/Anggota Muhammadiyah di PRM), Pelatihan Manaajemen Usaha (dengan Narasumber Akademisi, Praktisi dan Pakar Ekonomi Syariah), Penyertaan Modal (masing peserta Rp. 1.500.000,-), Pendampingan Usaha (pelibatan PRM) dan terakhir Monitoring, Evaluasi serta Pelaporan.

PPEU Angkatan ke-10 ini secara teknis direalisasikan berkat kerjasama yang erat antara Majelis Pemberdayaan Masyarakat PCM Rawalumbu dengan Kantor Layanan Lazismu PCM Rawalumbu dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari Akademisi, Praktisi dan Pakar Ekonomi Islam/Syariah.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Pusat Muh....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FE....

Suara Muhammadiyah

11 February 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Lazismu Banyumas lakukan launching platform donasi digital dengan sob....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - ”Tidak terasa pada hari ini kita telah melewati hari ke-4 Ram....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

ENREKANG, Suara Muhammadiyah - Salah satu keunggulan MTs Muhammadiyah Kalosi Enrekang saat ini adala....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah