Pengajian Songsong Ramadhan, UAD Launching Logo RDK 1445 H

Publish

8 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
156
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bulan Ramadhan 1445 H. tinggal beberapa hari lagi. Umat Islam bersiap-siap menyambut bulan yang penuh berkah ini. Di mana bulan Ramadhan merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Salah satunya dengan mengadakan pengajian dalam songsong Ramadhan pada tahun ini. 

Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, pada Jum’at (08/03) mengadakan pengajian untuk seluruh dosen, karyawan dan seluruh civitas akademika UAD di Masjid Islamic Center UAD. dan disiarkan secara live Youtube di kanal LPSI UAD. Pada kesempatan kali ini, untuk pemateri dari wakil ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah yaitu Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. dengan tema “Harmonisasi Agama dan Ilmu Pengetahuan”. Kemudian Rektor dan serta Wakil Rektor UAD turut hadir juga dalam pengajian songsong Ramadhan ini.

Pengajian ini diawali dengan laporan dari Ketua Panitia Ramadhan Di Kampus (RDK) Universitas Ahmad Dahlan yaitu Yahya Hanafi, M.Sc. Yahya sampaikan pada pengajian ini dengan tema tersebut, karena ini merupakan bentuk implementasi dan juga upaya untuk integrasi keilmuan.

“Sesuai arahan dari Pak Rektor, kedepan integrasi keilmuan di UAD ini bisa menjadi keunggulan di antara PTMA yang lainnya.” Jelasnya.

 Lalu, pada kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1445 H. ini, RDK UAD ada 13 agenda, yaitu: Buka Puasa bersama, Ceramah dan shalat tarawih berjama’ah, Kajian Dhuha, Bazaar Ramadhan, Kajian Intensif Islamic Corse, Kajian Integrasi Keilmuan, Santunan Dhuafa, Haflah Qori’ dan Tabligh Akbar Nuzulul Qur’an, Lomba Semarak Ramadhan Kategori Mahasiswa UAD dan pelajar, I’tikaf 10 hari terakhir Ramadhan, Pengajian Pimpinan dan Idul Fitri.

“Salah satu hal yang baru di RDK kali ini yaitu Kajian Integrasi Keilmuan pada saat jelang berbuka dan untuk pematerinya semua dari dosen UAD dari perwakilan Fakultas. Kemudian Islamic Corse ini kegiatan yang baru juga dan panitia menyediakan 4 kelas dengan beberapa pilihan materi dan tidak dipungut biaya dan terbatas hanya untuk 30 peserta perkelas” terangnya.

 Kemudian, dalam sambutan Rektor UAD yaitu Prof. Dr. Muchlas, M.T. menyampaikan bahwa bulan Ramadhan 1445 H. akan jatuh pada hari Senin nanti berdasarkan hasil hitungan hakiki wujudul Hilal.

“Menururt keputusan MTT Muhammadiyah hanya akan berlaku 3 bulan lagi, karena setelah Syawwal, Zulqa’dah dan Zulhijjah lalu 1 Muharrram 1446 H. PP Muhammadiyah atau kita semua akan menggunakan metode baru yakni Kalender Hijriyah Global Tunggal.” Jelasnya.

Dan rektor berharap, agar umat Islam menjadi orang-orang yang bertakwa dengan secara optimal dalam melaksanakan seluruh kegiatan ibadah di bulan Ramadhan ini. Dengan menjaga produktivitas terkhusus sebagai dosen dan tenaga pendidik. 

Sambutan Rektor ini diakhiri disampaikan bahwa di UAD Darma al-Islam dan Kemuhammadiyahan sudah berlangsung bagus untuk aspek-aspek teknis tetapi terkhusus untuk integrasi dan interkoneksi keilmuan masih belum berjalan dengan baik. 

“Mulai periode ini, saya sudah meminta kepada wakil Rektor 1 dan LPSI untuk memperhatikan sungguh-sungguh upaya kita untuk melaksanakan proses-proses integrasi dan interkoneksi keilmuan dengan cara melaksanakan banyak kegiatan FGD, kajian-kajian yang menghasilkan panduan yang diperlukan.” Terangnya.

Dan terakhir Rektor UAD meresmikan launching logo Ramadhan Di Kampus (RDK).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) meraih penghargaan bergengsi ....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - Maraknya penambangan batu bara di pinggir kota di Kabupaten Berau menjad....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

PEMATANGSIANTAR, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Muhammadiyah Silimakuta, Pematang Siant....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah — Pekerja Migran Indonesia (PMI) masih menghadapi berbagai tantang....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka Informasi dan Digitalisasi (MPID) Pimpinan Wilayah Muha....

Suara Muhammadiyah

28 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah