Penguatan Ideologi Muhammadiyah sebagai Sebuah Kewajiban bagi Warga Persyarikatan

Publish

23 September 2023
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
505
Penguatan Ideologi Muhammadiyah sebagai Sebuah kewajiban bagi warga persyarikatan

Penguatan Ideologi Muhammadiyah sebagai Sebuah kewajiban bagi warga persyarikatan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Memahami ideologi, politik dan organisasi Muhammadiyah menjadi sebuah keharusan warga persyarikatan ini untuk menjadi penggerak dakwah yang berkemajuan dengan mengandalkan akal sehat. Bukan sebaliknya, terbawa arus ideologi lain. Hal itu disampaikan oleh Ketua PWM D.I. Yogyakarta, Dr. M. Ikhwan Ahada, S. Pd. I., M. A., dalam kajian Ideopolitor (Ideologi, Politik dan Organisasi), pada Sabtu (23/9), di gedung Ar Fachruddin, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Muhammadiyah sebagai organisasi yang berkemajuan dan berperan penting dalam mengusung nilai-nilai iman dan keislaman, kesederhanaan, kemandirian dan kepedulian sosial sebagai bagian dari ideologi Muhammadiyah. Selain itu, iman juga menjadikan amal usaha Muhammadiyah dengan menjalankan berbagai lembaga pendidikan, sosial dan kesehatan yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.

"Muhammadiyah memantik sekaligus menumbuh kembangkan amal sholeh, sebagai konsekuensi dari iman, amal sholeh pribadi dan amal sholeh jamaah tentu menjadi bagian yang terus kita upaya sehingga mempunyai peran-peran tidak sekedar peran dalam makna domestik, peran-peran muhamadiyah terus berkembang karena goals kita adalah Rahmatan Lil 'alamin," ujarnya.

Muhammadiyah telah berkontribusi dalam berbagai lembaga-lembaga  ini mencakup sekolah-sekolah, rumah sakit, panti asuhan dan berbagai program sosial untuk membantu mereka yang membutuhkan. Karena Muhammadiyah tidak hanya mengajarkan Islam tetapi juga menerangkan dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Dengan demikian, penguatan ideologi dimaknai sebagai bagaimana kita mengatur urusan dan anggota dalam persyarikatan agar terstruktur sehingga bisa menjalankan dengan aman dan nyaman dalam rangka membentengi diri kita dari masuknya ideologi-ideologi lain. (Na)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (....

Suara Muhammadiyah

24 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menanggapi perkembangan konsep dakwah Muhammadiyah, Ketua Umum Pimpi....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan acara penyambutan....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Selasa, 7 November 2023, Pimpinan Ranting Muhammadiyah da....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ranting Muhammadiyah Borong Jambu Cabang Manggala Kota Makassar berha....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah