Peringati Hari Guru, Lazismu Mantrijeron Adakan Pelatihan Manajemen TPA

Publish

26 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
203
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Lazismu Mantrijeron adakan Pelatihan Tingkat Dasar Manajemen TPA untuk para guru ngaji. Dalam kegiatan ini, Lazismu Mantrijeron bekerjasama dengan Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM (Angkatan Muda Masjid & Mushola) Yogyakarta. Bertempat di SD Muhammadiyah Danunegaran, Sabtu (25/11).

Kepala Kantor Lazismu Mantrijeron, Nur Alam Romadhon dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya peran guru ngaji dalam mencetak generasi cinta Al Qur'an. Maka dari itu, Lazismu Mantrijeron memberikan dukungan dengan cara mengadakan pelatihan ini. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan ustadz dan ustadzah TPQ/TPA dalam mendidik para santri. Juga untuk menambah pengetahuan dalam mengelola TPQ/TPA yang benar. Dan nantinya, para ustadz dan ustadzah dapat terstandarisasi.

Narasumber dalam pelatihan ini dari Team Tadarus "AMM" Yogyakarta, yaitu Iwan Rustiawan, M.Pd.,. Sedangkan materi yang disampaikan yang pertama adalah Irama Murottal Dasar Rost dan Materi Ujian Syahadah. Dilanjutkan dengan materi kedua, yaitu Teknik Pengajaran Metode Iqro'. Dan materi terakhir adalah Manajemen Pengelolaan Kelas dan Kurikulum.

Afifah Zulfahummifta Hidayat, staff Program Pendidikan Lazismu Mantrijeron menyebutkan ada 20 peserta yang mengikuti pelatihan ini. Mereka berasal dari Kemantren Mantrijeron dan sekitarnya. "Harapan kami, dengan adanya pelatihan ini para ustadz dan ustadzah dapat meningkatkan kapasitas keterampilan dan kualitas ilmunya. Sehingga dapat diterapkan dalam mengajarkan Al Qur'an pada santriwan dan santriwati di TPA masing-masing," ujar Afifah.

"Terima kasih kepada Lazismu Mantrijeron yang telah melaksanakan Pelatihan Tingkat Dasar Manajemen TPA. Karena dari acara ini, kami mendapatkan insight yang dapat kami kembangkan di TPA Masjid kami. Terima kasih," ungkap salah satu peserta, Yulia Nanda dari Masjid Al Ihsan Suryodiningratan, Mantrijeron.

Afifah menambahkan, berkat kebaikan para donatur sekalian, acara ini dapat berjalan dengan lancar dan semoga menjadi lebih manfaat. (npl)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 30 Maret. Untuk memeriahk....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berdasarkan survey Badan Kebijakan Transportasi Kementrian Perhubun....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

BOYOLALI, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah melalui MDMC dan LazisMu Surakarta melaksanakan pendistr....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Suasana gembira menyelimuti acara peresmian Gedung Muhammadiyah Children....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) berhasil lolos dalam program ....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah