Perkuat Sinergi, AmbulanMu Sleman Gelar Pelatihan Bersama PKU Muhammadiyah Gamping

Publish

27 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
329
Penyerahan Baju AmbulanMu kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr Ahmad Faesol

Penyerahan Baju AmbulanMu kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr Ahmad Faesol

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Forum Pengelola Ambulans Muhammadiyah (FORPAM) Sleman bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Gamping menggelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi para relawan AmbulanMu di Kabupaten Sleman. Pelatihan yang diikuti oleh puluhan relawan AmbulanMu Sleman tersebut digelar pada Ahad (24/09) di Aula Masjid KHA Sudja’ RS PKU Muhammadiyah Gamping dan dibuka oleh H. Darojat selaku koordinator FORPAM Sleman sekaligus mewakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sleman juga Direktur Utama PKU Muhammadiyah Gamping dr Ahmad Faesol.

 

Juang, Sekretaris FORPAM Sleman mengatakan bahwa sebelumnya telah dilakukan sejumlah pelatihan terpadu bersama relawan AmbulanMu secara  terpadu di wilayah DIY. Namun dirinya menilai dibutuhkan pelatihan lainnya yang diselenggarakan dalam skala kecil.

“Agar relawan lebih mudah untuk memahami materi pelatihan dan lebih terfokus,” ungkap Juang ketika ditemui di area pelatihan.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa FORPAM Sleman berinisiatif untuk menggandeng PKU Muhammadiyah Gamping sebagai upaya untuk memperkuat sinergi dalam menjalankan pelayanan bagi masyarakat.

“Ke depan bisa jadi AmbulanMu di daerah lain juga akan berinisiatif untuk bekerjasama dengan RS PKU terdekat yang ada di daerahnya masing-masing,” lanjutnya.

Hal tersebut senada dengan apa yang dikatakan oleh Direktur Utama PKU Muhammadiyah Gamping dr Ahmad Faesol ketika membuka pelatihan. Dirinya sangat mendukung inisiatif tersebut. Menurutnya, wawasan kegawatdaruratan dasar sangat dibutuhkan oleh para relawan AmbulanMu di luar keterampilan mengemudi yang telah dimiliki. Pelatihan BHD kali ini membahas seputar SPGTD dan Standarisasi Ambulans serta praktik pertolongan pertama oleh awam bagi kasus emergensi sehari-hari.

“Dengan dibekali ilmu dan pengetahuan dasar kegawatdaruratan para relawan akan lebih mudah meringankan penderitaan pasien, sebaliknya jika tidak bisa jadi akan memberatkan bukan meringankan,” tuturnya.

Hal tersebut membuat kohesi dan kolaborasi menjadi penting dalam upaya meringankan penderitaan pasien dari fase penanganan kegawatdaruratan hingga mengantarkan pasien kembali ke rumah.

“Harapannya, dengan adanya kohesi dan kolaborasi ini, Muhammadiyah bersama berbagai elemennya termasuk AmbulanMu dan PKU Muhammadiyah Gamping mampu secara maksimal memberikan manfaat bagi bangsa,” lanjut Faesol. 

Ke depan, PKU Muhammadiyah tidak hanya siap dalam memberikan dukungan dalam bentuk penguatan skill dan wawasan para relawan namun juga dalam bentuk penguatan kesejahteraan serta amunisi bagi relawan yang akan bersinergi dalam memfasilitasi para pasien untuk mendapatkan penanganan kesehatan. Bagi Faesol, penguatan tersebut menjadi hal yang perlu diperhatikan agar ke depan, AmbulanMu dan PKU Muhammadiyah Gamping mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas dalam menebar manfaat.

“Selain itu, melalui pelatihan ini, dapat terjalin komunikasi yang baik dengan para relawan yang ada. Melalui sinergi, kohesi dan kolaborasi dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” tandasnya. (Th)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) UMM berhasil mendapat akreditasi A yang d....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

LUBUK PAKAM, Suara Muhammadiyah – Drs. Ibnu Hajar dan Yenni Darmawan kemba....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Menurut Wakil Ketua Umum Bidang Keselamatan Transportasi Indonesia (MTI....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Takerharjo Solokuro Lamongan kekurangan air. Malahan beberapa su....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

LAMONGAN, SuaraMuhammadiyah - Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Lamonga....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah