PP Muhammadiyah Saksikan MoU UMRI dan Kampus Kamboja Ternama

Publish

17 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
325
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Rektor Univeritas Muhammadiyah Riau (Umri) menghadiri kegiatan Persidangan Majlis Ilmuan Nusantara (MIN) pada tanggal 16 sampai dengan 18 Februari 2024 di Perlis, Kangar.

Persidangan MIN untuk pertama kali dilaksanakan ini dibuka secara resmi oleh Raja Muda Perlis, Tuanku Syed Faizuddin Putra Jamalullail serta dihadiri perwakilan 5 negara dengan mengusung tema Manhaj Ahlussunnah Asas Penyatuan Ummah di Bilik Mesyuarat Utama, Kompleks Pentadbiran Kerajaan Negeri Perlis, Kangar.

MIN 2024 ini ditaja oleh Jabatan Mufti Negeri Perlis bersama Majlis Agama Islam dan Adat Istiadat Melayu Perlis (MAIPs) serta Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs) dalam usaha memantapkan kerjasama untuk kepentingan dakwah di Asia Tenggara dan Perlis sebagai platform untuk gerakan dakwah di kawasan tersebut.

Hadir dalam persidangan MIN 2024 antara lain Mufti Perlis, Prof. Datuk Dr. Mohd Asri Zainul Abidin, Ketua Pegawai Eksekutif (CEO) MAIPs, Mohd Nazim Mohd Noor, Menteri Besar Mohd Shukri Ramli, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Syamsul Anwar, MA., Rektor Umri Dr. Saidul Amin, MA. serta perwakilan beberapa ilmuan negara lain termasuk dari Indonesia, Thailand, Kemboja dan Vietnam.

Tuanku Syed Faizuddin Putra merangkap Yang DiPertua MAIPs menyampaikan, para ilmuan perlu mengatur strategi bagi kelangsungan dakwah yang dilakukan. “Titah Baginda, kejayaan sesuatu gerakan dakwah perlu melalui perancangan yang tersusun dan berkesan,” sebutnya.

Lebih jauh ia mengatakan, bahwa Perlis amat menghormati segala bentuk program yang meningkatkan mutu ilmu dan intelektual umat. 

“Kita sedia membuka ruang seluas-luasnya untuk para sarjana dan ilmuan berdiskusi dalam menghasilkan resolusi yang akan membawa kebaikan dan keberkatan untuk umat Islam ini. Semoga persidangan seperti ini akan memberikan hasil yang positif serta mewujudkan kerjasama serantau dan pada masa yang sama mampu menghasilkan ketetapan dalam beberapa perkara untuk dijadikan panduan kerja dakwah di Asia Tenggara,” kata Tuanku Syed Faizuddin. 

UMRI Lakukan MoU dengan Cambodia University

Kehadiran perwakilan beberapa ilmuan dalam kegiatan Persidangan MIN di Perlis, dimanfaatkan oleh Umri untuk membangun kerjasama antar sesama perguruan tinggi, hal ini sejalankan dengan program Internasionalisasi Umri di kawasan Asia Tenggara. 

Disela-sela acara Persidangan MIN, Rektor Umri berkesempatan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam acara yang bertajuk Memorandum of Understanding (MoU) Signing Ceremony between Universitas Muhammadiyah Riau and Cambodia University of Management and Technology yang dilaksnakaan pada Sabtu (17/02/2024) bertempat di Kompleks Pentadbiran Kerajaan Negeri Perlis, Kangar.

Rektor Umri berharap MoU ini bukan antara dua Universitas namun mengikat kedua negara dalam semangat membangun intelektual, spiritual dan kultural, sehingga rasa kedetakan dan kesatuan serumpun seagama dapat terasa untuk kejayaan Islam dan khususnya rumpun melayu dimasa yang akan datang. (Muhansir)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lazismu terus berkomitmen meningkatkan layanannya sebagai salah sat....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

Kader Muhammadiyah Harus Siap Bersinergi Pengukuhan PDM, PDA dan UPP Banjarnegara Berjalan Khidmat ....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Berita

  BLITAR, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya memperkuat branding sekolah dan melengkapi para pen....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang dilaksanakan Grand Opening [GO] Kantor SM Tour & Travel ....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

KUALA SIMPANG, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan launching gerakan literasi Al-Qur'an Sekolah Menenga....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah