PPDB SMK Muhammadiyah Purwodadi Naik 65 Persen, Bukti Semakin Dipercaya Masyarakat

Publish

23 July 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
580

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - PPDB di SMK Muhammadiyah Purwodadi Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2023/2024 justru mengalami kenaikan yang signifikan hingga 65 persen, dikala trend PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) cenderung mengalami penurunan.

Hal itu terlihat pada gelaran Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa ( FORTASI ) bagi siswa baru kelas X yang berlangsung selama empat hari, dari Senin (17/07/2023) hingga Jum'at (21/07/2023).

Sebanyak 160 siswa baru dari lulusan SMP negeri dan swasta di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya, mengikuti kegiatan FORTASI ini. Jumlah ini meningkat 65 persen lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Dalam acara FORTASI ini, SMK Muhammadiyah Purwodadi melibatkan Polsek Purwodadi dan Koramil 14 Purwodadi serta instansi terkait. Selama kegiatan yang diisi dengan berbagai materi, FORTASI ditutup dengan jalan sehat berhadiah dengan rute mengitari Desa Purwodadi.

Kepala SMK Muhammadiyah Purwodadi, Purworejo, Sumarjo, S.Fil.I, M.Pd., menyebut, peningkatan penerimaan jumlah siswa baru ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat kepada Esemkapurwa, sebutan akrab SMK Muhammadiyah Purwodadi makin meningkat.

"Kami sangat bersyukur karena tahun ini siswa kami naik 65% dari tahun lalu. Tahun lalu memperoleh 104 siswa, tahun ini 160 siswa baru" kata Sumarjo, Sabtu (22/07/2023).

160 siswa baru ini, terbagi dalam 5 konsentrasi keahlian, yakni, 44 siswa Teknik Kendaraan Ringan, 54 siswa Teknik Sepeda Motor, 28 siswa Teknik komputer dan Jaringan, 27 siswa Usaha Layanan Pariwisata dan 7 siswa perhotelan.

Peningkatan jumlah siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi ini, menurut Sumarjo, karena beberapa faktor. Diantaranya, SMK Muhammadiyah Purwodadi adalah SMK yang mendapat predikat sebagai SMK Pusat Keunggulan, dengan sarana dan prasarana sudah standar industri.

Sekolah ini memiliki jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan industri dan sudah memberlakukan pembelajaran Teaching factory. Biaya pendidikannya sangat terjangkau, jarak tempuh terjangkau dan lebih dekat serta ada 5 pilihan konsentrasi keahlian.

"Saat ini kami sedang merintis pembuatan motor listrik dan mendapatkan dukungan  dari Persyarikatan Muhammadiyah dari tingkat ranting sampai pusat," pungkas Sumarjo, sambil menyebut bahwa lulusan SMK Muhammadiyah Purwodadi berkesempatan untuk melanjutkan kuliah gratis di Universitas Muhammadiyah Purworejo. (Akhmad)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menggelar acara silatu....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

Ajak Hamka Muda Isi Liburan dengan Aktif dan Produktif di Masyarakat JAKARTA, Suara Muhammadiyah - ....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PW NA)  Suma....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse men....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Muh....

Suara Muhammadiyah

21 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah