Praktik Baik Universitas Muhammadiyah Kupang Bina Desa Berkemajuan

Publish

10 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
209
Uslan, Ph.D, Ketua Prodi S1 PGSD UM Kupang

Uslan, Ph.D, Ketua Prodi S1 PGSD UM Kupang

Praktik Baik Universitas Muhammadiyah Kupang Bina Desa Berkemajuan

Oleh: Uslan, Ph.D, Ketua Prodi S1 PGSD UM Kupang

Bina Desa Berkemajuan" mencerminkan upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan desa dengan melibatkan berbagai aspek pembangunan. Berbagai kegiatan dan inisiatif dapat dilakukan dalam rangka program "Bina Desa Berkemajuan" untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan.  UM Kupang Merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang bergerak di sektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah memiliki catur darma PTM yang harus di sinergikan bersama untuk kemajuan. Dalam hal melaksanakan Melalui kegiatan KKN Tematik Di Desa Uitiuh Tuan Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur

Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) merujuk pada empat aspek atau tanggung jawab utama yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi tersebut. Keempat Dharma tersebut adalah: dalam pendidikan misalanya Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Memberikan kontribusi pada pembentukan karakter dan moral peserta didik.

Mengembangkan dan menerapkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.sedangkan dalam  Penelitian yaitu  Melaksanakan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan harapan dapat  Menghasilkan inovasi dan kontribusi pada pembangunan nasional. Mendorong pengembangan riset dan kolaborasi antarlembaga.

Sedangkan Pengabdian kepada Masyarakat Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah sosial. Berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat dan memberikan kontribusi nyata pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan dampak sosial.

Al Islam dan Kemuhammadiyah sebagai penguatan syiar dakwah

Menerapkan prinsip-prinsip Kemuhammadiyahan dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan. Memberikan dampak positif dalam masyarakat melalui berbagai program sosial, kesehatan, dan pendidikan, sehingga dakwah dilakukan melalui perbuatan nyata. Muhammadiyah hadir melalui Amal Usahanya Universitas Muhammadiyah Kupang selama 3 bulan memberikan kegiatan berdampak melalui program KKN tematik Bina desa. Kegiatan ini merupakan yang pertama di tempat tersebut.

Pada kegiatan tersebut dengan melibatkan 8 orang mahasiswa program studi PGSD melakukan aksi nyata dan berbaur dengan masyarakat sebagai bentuk mensosialisasikan salah satu slogan muhammadiyah sebagai pencerah semesta untuk semua lapisan masyarakat dengan tidak memandang suku, ras dan agama, dan apalagi di daerah tersebut masyarakatnya mayoritas beragama Kristen.

Adapun pada kegiatan tersebut terdapat beberapa program yang telah dilaksanakan terdiri dari kegiatan inti selama 82 hari yaitu meliputi: (a) Mengetahui kearifan lokal di Desa Uitiuh Tuan (anyaman topi), (b) Pemberian Makanan Tambahan dan sosialisasi penyadartahuan masyarakat terkait Stuting di Desa Uitiuh Tuan, (c) Penanaman bumbu dapur di lokasi kantor desa Uitiuh Tuan, dan (d) Melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan (bakti amal) di sekitaran lokasi kantor desa Uitiuh Tuan. Partisipasi dan dukungan masyarakat cukup tinggi, dimana masyarakat turut aktif dalam pelaksanaan program. Hal ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mengembangan potensi yang dimiliki baik untuk dirinya maupun untuk daerahnya.

UM Kupang Terus Bergerak Untuk Kebermanfaatan

Dengan terus menerapkan langkah-langkah yang strategis  UM Kupang dapat terus bergerak menuju kebermanfaatan yang lebih besar, baik bagi mahasiswa, dosen, maupun masyarakat sekitar Upaya Universitas Muhammadiyah (UM) Kupang untuk terus bergerak demi kebermanfaatan dapat mencakup berbagai aspek dan inisiatif yang mendukung misi dan tujuan universitas Muhammadiyah Kupang.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif, Ketua PDM Jakarta Timur Istilah dan konsep “Islam Berk....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Wawasan

Organisasi Masyarakat Islam dalam Pusaran Pilpres 2024 Oleh: Tri Laksono Setiap kali menjelang pe....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Wawasan

Posisi Manusia dan Kemerdekaan Diri Oleh: Agusliadi Massere Kemerdekaan diri, baik kemerdekaan pik....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Wawasan

Oleh: Bahrus Surur-Iyunk Mantan politisi, pernah merasakan menjadi anggota dewan, mantan Ketua IMM ....

Suara Muhammadiyah

14 February 2024

Wawasan

Kekuasaan dalam Perspektif Demokrasi Oleh: Dr Masud HMN, Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. H....

Suara Muhammadiyah

15 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah