Puasa Ramadhan dan Ketahanan Keluarga

Publish

11 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
560
Sumber Foto Unsplash

Sumber Foto Unsplash

Puasa dan Ketahanan Keluarga

Oleh: Dr. M. Samson Fajar, M.Sos.I., Dosen UM Metro

Hari pertama Ramadhan 1445 H ini saya ingin mengajak semua pembaca merenung dan memahami puasa dalam prespektif keluarga. Karena penulis meyakini bahwa puasa bukanlah sekedar sebuah ritual tahunan, tetapi lebih dari itu. Puasa adalah sebuah sistem kehidupan yang diturunkan Allah SWT untuk menjaga kehidupan manusia, baik menjaga agama (hifdzu dien), menjaga jiwa (hifdzu nafsi), menjaga akal (hifdzu aql), menjaga keturunan (hifdzu nasl) dan menjaga harta (hifdzu mal). 

Sistem ini adalah sebuah keharusan untuk ditegakan dan dilakukan oleh manusia, sehingga dalam Islam puasa menjadi salah satu rukun Islam. Artinya dia menjadi sistem hidup yang mutlak, tanpanya akan terjadi kerusakan kehidupan dan dunia ini. Mungkin asumsi ini terlalu berlebihan, akan tetapi penulis sangat meyakini sekali berdasarkan keimanan dan keilmuan, bahwa tanpa puasa maka dunia ini akan hancur.

Puasa Ramadhan hakikatnya adalah sebuah simbol yang hadirkan oleh Allah SWT, yang secara syar'i hendaknya dilakukan berdasarkan nilai-nilai fiqhiyah hukumnya, sehingga menjadi ritual yang penuh pahala. Akan tetapi ada mafhum (makna) yang sangat dalam yang itu adalah hakikat dari pada puasa itu sendiri. Inilah yang kemudian Nabi Muhammad SAW melakukan autokritik dalam hadis: 

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084 mengatakan bahwa hadits ini shohih ligoirihi –yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya).

Artinya, puasa tidak boleh hanya menahan lapar dan dahaga saja, akan tetapi hendaknya menaikan level lebih tinggi, pada penegakan nilai-nilai puasa yang sangat luar biasa. 

Tahun kemarin saya membahas puasa dan kepemimpinan,  puasa tahun ini saya ingin merenungi pada konteks bagaimana puasa membangun ketahanan keluarga, sehingga hadir keluarga yang survive, keluarga yang hadir nilai spiritual yang dalam, keluarga yang bahagia dan keluarga yang akan mencapai tujuannya, sakinah mawaddah warahmah. 

Karena penulis menganggap bahwa awal dari kegagalan berumah tangga adalah ketidak mampuan anggota keluarga dalam melakukan puasa dengan sebaik-baiknya. Puasa sebaik-baiknya adalah puasa dalam arti bukan hanya menahan lapar haus, tapi puasa dalam rangka melakukan penanahan diri dari segala hal yang dapat merusak rumah tangga. Ketidak mampuan menahan diri inilah sehingga kehancuran rumah tangga terjadi. 

Pasal 19 Peraturan Pemerintah No.9 Tahun 1975 dan Pasal 116 Kompilasi Hukum Islam (KHI) menyebutkan setidaknya terdapat 13 faktor penyebab perceraian antara lain zina, mabuk, madat, judi, meninggalkan salah satu pihak, dihukum penjara, poligami, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), cacat badan, perselisihan, dan pertengkaran terus menerus, kawin paksa, murtad, dan ekonomi.

Menurut catatan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA (Ditjen Badilag MA) ada 4 faktor terbesar penyebab perceraian di tahun 2021. Seperti, perselisihan dan pertengkaran 36% (176.683 perkara); faktor ekonomi, misal tidak memberi nafkah atau tidak punya pekerjaan, tidak punya penghasilan itu 14% (71.194 perkara); meninggalkan kediaman tempat bersama 7% (34.671 perkara); dan kekerasan dalam rumah tangga 0,6% (3.271); lain-lain sisanya (198.951 perkara). 

Semua permasalahan di atas dapat dilakukan analisis bahwa semua berasal dari kelemahan anggota keluarga dalam menahan diri. Misal KDRT adalah sebuah ketidakmampuan menahan amarah anggota keluarga, sehingga harus melampiaskan kemarahan kepada istri dan anak atau yang lainya. Perzinahan dalam keluarga atau yang sering disebut sebagai perselingkuhan, adalah ketidakmampuan menahan syahwat untuk menyalurkan kepada yang halal, atau ketidak mampuan menjalankan hubungan yang halal, sehingga mengambil jalan pintas. 

Perceraian karena masalah ekonomi, sebenarnya inti masalahnya adalah ketidak mampuan menahan akan kehidupan yang prihatin, ketidak tahanan menahan diri untuk mencari solusi bersama, sehingga harus berujung pada perceraian. 

Daya tahan diri (self endurance) adalah goal dari puasa ramadhan, sehingga manusia benar-benar mampu menahan diri dari segala keburukan, dan fokus pada menjalankan ketaatan, inilah yang disebut ketaqwaan. Sehingga suatu saat jika sistem puasa ini dijalankan dengan baik, maka dunia ini akan menjadi makmur, penuh keberkahan, karena prosentase kebaikan lebih dominan dibanding prosentase keburukan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Sobirin Malian Dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Dalam setiap hajatan Pemilu ada....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Wawasan

Kurikulum Holistik: Pendidikan Masa Depan Berkelanjutan Rizal Arizaldy Ramly, Mahasiswa Univer....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Wawasan

Refleksi Madrasah Ramadhan Oleh: Dartim Ibnu Rushd, Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam-Universitas ....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Wawasan

Praktik Baik Universitas Muhammadiyah Kupang Bina Desa Berkemajuan Oleh: Uslan, Ph.D, Ketua Prodi S....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Wawasan

Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah (10) Oleh: Mohammad Fakhrudin dan Iyus Herdiana Saputra Di da....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah