PWM Sumut Apresiasi Tadarus Ideologi PCM Percut Sei Tuan

Publish

27 March 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
429
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara memberi apresiasi atas pelaksanaan Tadarus Ideologi Muhammadiyah yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Percut Sei Tuan. Tadarus Ideologi Muhammadiyah itu merupakan terobosan bagus dari level cabang dalam mendorong pemahaman pimpinan Muhammadiyah untuk memahami ideologi Muhammadiyah lebih komprehensif.

Apresiasi itu disampaikan Bendahara PW Muhammadiyah Sumatera Utara Dr. Muhammad Qorib MA pada kegiatan penutupan Tadarus Ideopolitor Muhammadiyah yang berlangsung di Masjid Taqwa, Pasar 4 Bandar Khalipah.

Kata Muhammad Qorib, salah satu amanat dari Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo adalah, peneguhan ideologi Muhammadiyah atau revitalisasi ideologi Muhammadiyah. "Kegiatan yang sama diharapkan dapat dilaksanakan Daerah dan Cabang lainnya," kata Muhammad Qorib.

Tadarus Ideologi Muhammadiyah berlangsung selama delapan kali pertemuan dengan lokasi penyelenggaraan yang berbeda, dari satu masjid ke masjid lainnya di seluruh ranting Muhammadiyah.

Ketua PC Muhammadiyah Percut Sei Tuan, Amrizal MPd memberikan ilustrasi bahwa Muhammadiyah saat ini berada dalam pusaran Ideologi dan dinamika kehidupan masyarakat yang sangat kompleks, baik pada tingkat nasional maupun global. Lalu, bagaimana Muhammadiyah bisa mempertahankan eksistensi Ideologinya? Apa hakikat isi, esensi, substansi dari ideologi Muhammadiyah? Apa bedanya ideologi Muhammadiyah dengan ideologi-ideologi gerakan Islam lainnya?

Kata Amrizal, kenapa dan untuk apa Muhammadiyah merumuskan pemikiran pemikiran ideologi dalam gerakannya? dan  sudahkah Pimpinan dan Anggota Muhammadiyah di akar rumput mengerti dan paham akan Ideologi Muhammadiyah?

Pertanyaan pertanyaan ini akan coba dijawab pada kegiata Tadarus Ideologi Muhammadiyah yang digelar oleh PCM Percut Sei Tuan, kata Amrizal, mantan Ketua PW Pemuda Muhamamadiyah yang kini menjadi salah seorang Ketua PP Pemuda Muhammadiyah.

Kegiatan Tadarus ini akan berlangsung selama 8 hari yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah di cabang Percut Sei Tuan, mulai dari PCM, PCA, PCPM, PCNA, PRM, PRA, majelis dan lembaga serta Pimpinan Amal usaha Muhammadiyah dan seluruh anggota persyarikatan Muhammadiyah di setiap ranting.

Menariknya, narasumber yang diundang untuk memberikan materi adalah mereka yang mumpuni dan sangat memahami persoalan ideologi Muhammadiyah, seperti  Irwan Syahputra, MA (Sekretaris PW. Muhammadiyah Sumut) dengan materi " Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM)" . Selanjutnya, ada Dr Muhammad Qorib, MA (Bendahara PW. Muhammadiyah Sumut) dengan materi " Risalah Islam Bekermajuan.

Ada juga, Drs. Mario Kasduri, MA (Wakil Ketua PW. Muhammadiyah Sumut) dengan materi "Matan Keyakinan Cita Cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM) dan Kepribadian Muhammadiyah", Dr. Ali Imran Sinaga, MA (Wakil Ketua PW. Muhammadiyah Sumut) dengan Materi " Muhammadiyah dan Dakwah Kultural",  Drs. Mutholib, MA (Wakil Sekretaris PWM Sumut) dengan materi " Fikih Tata Kelola Organisasi",  Dr. Rudianto, M.Si (Ketua Lembaga Olahraga PWM Sumut) dengan materi " Muhammadiyah dan Dakwah Olahraga",  Maulana Siregar, MA (Ketua PD. Muhammadiyah Kota Medan) dengan Materi "Gerakan Muhammadiyah Kota Medan" serta Drs. Dalail Ahmad, MA (Ketua PW. Muhammadiyah Sumut Periode 2010-2015)

Amrizal berharap usai Tadarus Ideologi Muhammadiyah yang berlangsung selama delapan hari itu, seluruh level pimpinan dapat memahami ideologi Muhammadiyah dengan baik dan benar. " Diharapkan dengan pemahaman yang baik, maka dinamika persyarikatan dilevel cabang dan ranting akan menjadi lebih baik," jelas Amrizal. ( Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali melaksanaka....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) melalui Lembaga Peng....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Saat ini Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) ....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka meningkatkan kompetensi seorang pemimpin, Majelis Pend....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

JEPARA, Suara Muhammadiyah - Pengajian ahad pagi yang biasa dikenal oleh jamaahnya dengah istil....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah