SD Muhammadiyah 1 Ketelan Percontohan Sekolah Sehat

Publish

20 September 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
187
SD Muhammadiyah 1 Ketelan

SD Muhammadiyah 1 Ketelan

SOLO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 1 Ketelan terima tim Verifikator Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023. Kepala Sekolah Sehat, Sri Sayekti menyambut baik verifikasi tersebut, Senin (18/9/2023). 

Menurutnya, latar belakang Kota Sehat merupakan bagian dari dinamika dan semangat pemerintah daerah bersama masyarakatnya secara berkelanjutan menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, ekonomi, dan budaya melalui yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Pendekatan Kota Sehat pertama kali dikembangkan di Eropa oleh WHO pada tahun 1980- an sebagai strategi menyongsong Ottawa Charter.

Dimana ditekankan Kesehatan untuk semua yang dapat dicapai dan berkelanjutan, jika semua aspek baik Kesehatan, sosial, ekonomi, lingkungan, dan budaya diperhatikan. 

Oleh karena itu, konsep kota sehat tidak hanya memfokuskan kepada pelayanan Kesehatan. “Perwakilan tim verifikator mengatakan SD Muhammadiyah 1 Ketelan percontohan sekolah sehat,” ujar Sri Sayekti.

Sementara itu, Ketika di tanya perwakilan tim Verifikator terkait keamanan sekolah, Sri mengatakan, “Sekolah yang menjamin keamanan siswa hingga penjemputan, orang tua harus menunjukkan barcode yang di scan melalui komputer untuk memanggil putra/putrinya,” ucapnya sambil menunjukkan lokus.

Untuk ojek online (ojol) juga harus menunjukkan barcode dari aplikasi M1 Smart Card yang dikirim oleh orang tua siswa ke driver ojol untuk menjemput siswa.

“dengan sistem M1 Smart Card ini maka bisa dipastikan bahwa yang menjemput adalah orang tua siswa, keluarga siswa, ojol dari ortu siswa,” jelasnya.

Ahmad salah satu bagian tim verifikator mengatakan, “Sekolah Dasar ini langka, karena UKSnya baik dilengkapi alat periksa gigi dan jarang-jarang serta ada dokter kecil dan perawat,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan keliling lingkungan sekolah yang pernah menggondol prestasi, Terbaik pertama sentra jajanan atau kantin dari Kemenkes, terbaik Kedua kategori sentra pangan dalam menerapkan protokol Kesehatan, Juara 1 Sekolah Sehat, Karya Terbaik Pekan Usaha Kesehatan Sekolah dari Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud-Ristek serta Praktik Baik Terbaik Pendidikan Antikorupsi (PAK) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. 

Acara ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Surakarta, dihadiri Priono Kasi MPM Dinas Pendidikan Kota Surakarta, drg. Queen Analisa Puskesmas Stabelan, Komite Sekolah serta pihak-pihak terkait. (Jatmiko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelengga....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Yogyakarta (18/10) 50 cabang Muhammadiyah Se Daerah Istimewa Y....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sukoharjo mengadakan P....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan penyambutan pese....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Konferensi Islam (OKI) dan Liga Arab berhasil menyelenggarakan Ko....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah