SD Muhammadiyah Sapen Perkuat Pembelajaran STEM di Agensi Angkasa Malaysia

Publish

27 September 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
373
SD Muhammadiyah Sapen

SD Muhammadiyah Sapen

SELANGOR, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Sapen melaksanakan program rutinitas tahunan yang dikemas dalam bentuk kegiatan International Edutrip Student Exchange 2023. Program yang diikuti 36 siswa dan 5 guru pendamping berlangsung selama delapan hari dan berkolaborasi dengan  tiga sekolah yang berada di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Kolaborasi pertama dilakukan dengan Sekolah Indonesia Singapura (SIS) dan dilanjutkan dengan SK Olak Lempit, Kualalangat, Selangor. Selama berkolaborasi, SD Muhammadiyah Sapen melakukan berbagai aktivitas edukasi, salah satunya Eksplorasi Stem Malaysia-Indonesia  yang diselenggarakan di Agensi Angkasa Malaysia (MYSA) kerjasama antara Kementrian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia  dengan Kementrian Pendidikan Malaysia Pegawai Pendidikan Daerah Kualalangat, Malaysia, dari Selasa-Kamis, 26-28/9.

Kompetisi Eksplorasi STEM yang melibatkan ratusan peserta dihadiri Pejabat Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi yang diwakili Ketua Pengarah   Agensi Angkasa Malaysia, H. Azlikamil bin Nafiah, Penolong Pegawai Pendidikan Daerah Kualalangat, dan beberapa kepala sekolah kebangsaan di Daerah Kualalangat. Sebanyak 36 siswa SD Muhammadiyah Sapen memgikuti ajang kompetisi Sains bertaraf internasional yang bertemakan Eksplorasi STEM, Malaysia–Indonesia.

Ketua Pengarah Agensi Angkasa Malaysia (MYSA), H. Azlikamil bin Nafiah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan adanya kegiatan Eksplorasi  STEM, Malaysia-Indonesia. "Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermakna untuk memberi peluang dan ruang kepada siswa secara awal guna mengenalkan perihal tentang Sains kepada siswa", ujarnya.

Azli menyambut positif Eksplorasi STEM yang dilakukan sekolah-sekolah di wilayah Kualalangat yang telah selangkah lebih maju dengan mengundang sekolah yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia, SD Muhammadiyah Sapen. "Saya merasa bahagia, sekolah-sekolah di daerah Kualalangat boleh dikata selangkah lebih maju dalam mengeksplorasi STEM. Apresiasi saya, sekolah sudah berani mengundang sekolah luar negara untuk berkolaborasi dalam Eksplorasi STEM ini, yaitu SD Muhammadiyah Sapen", tandasnya.

Timbalan Pegawai Pendidikan Daerah (PPD) Kualalangat, Encik Hamid bin Muhammad menambahkan program Eksplorasi STEM ini sangat luar biasa karena diselenggarakan di tempat yang luar biasa, Agensi Angkasa Malaysia (MYSA), dan jemputan khass sekolah gemilang dan cemerlang  SD Muhammadiyah Sapen.

"Kami menyambut baik program Eksplorasi STEM yang diselenggarakan di Pusat Teknologi Teknologi Sains, Agensi Angkasa Malaysia. Sekolah-sekolah di Kualalangat sangat luar biasa karena mampu menyelenggarakan sebuah even kolaborasi internasional dalam program Eksplorasi STEM dengan menjemput SD Muhammadiyah Sapen", ungkap Encik Hamid.

Agung Rahmanto merasa sangat berterima kasih atas inisiasi yang sangat positif, Agensi Angkasa Malaysia bekerjasama dengan PPD dan sekolah-sekolah di Kualalangat guna pelaksanaan program kolaborasi  Eksplorasi STEM di kawah candradimuka Sainsnya Malaysia. "Kami merasa sangat berterima kasih dan berbahagia, anak-anak didik kami dijemput untuk berkolaborasi dalam program yang sangat luar biasa ini", ungkap Agung. (Ilman/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Panjta Nu....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

SERUYAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Daer....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  kembali menerima 3 ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Kembali mengadaka....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara Wisu....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah