Seminar Hari Santri, LP2 Gali Peran Santri dalam Membangun Peradaban Berkemajuan

Publish

8 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
255
Seminar Hari Santri LP2 PP Muhammadiyah

Seminar Hari Santri LP2 PP Muhammadiyah

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Santri dalam Membangun Peradaban Berkemajuan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sabtu (4/11).

Dalam sambutannya, Ketua LP2 PP Muhammadiyah menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut sebagai bentuk mengidentifikasi dari eksistensi peran santri Muhammadiyah. Yakni dalam usaha untuk membangun peradaban yang berkemajuan sekaligus merumuskan langkah-langkah strategis hal ihwal pengembangan pesantren Muhammadiyah.

Pada saat yang sama, ia menegaskan, di samping mendalami ilmu keagamaan, seluruh pesantrenMu seyogianya perlu menanamkan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Keterampilan tersebut antara lain meliputi Communication, Collaboration, Creative, dan Critical Thinking.

Pembukaan acara ini dipimpin secara langsung oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu’ti, MEd. Dalam sambutannya, Mu’ti menyampaikan bahwa di antara fenomena baru yang tengah muncul dari dunia pesantren kontemporer adalah pesantren tidak lagi diasumsikan sebagai lembaga Pendidikan yang Kumuh, Kotor, dan Kudis (3K) dengan input santri dari kelompok masyarakat low income society.

“Sekarang pesantren sudah banyak yang maju dan modern. Ia telah menjadi pilihan bagi kelompok masyarakat menengah, dimana rata-rata meraka adalah kaum muda, kaya, intelek dan dermawan yang secara ekonomi menengah ke atas,” tuturnya.

Oleh karena itu, imbuh Mu’ti pesantren Muhammadiyah harus mampu menangkap tantangan ini menjadi sebuah peluang. Selain itu, pada saat bersamaan ia mengingatkan agar MBS (Muhammadiyah Boarding School) menjadi bentuk alternatif pesantren di Muhammadiyah. . Untuk itu, MBS harus punya ciri khas keilmuan sebagai pesantrenMu, baik dalam ilmu kebahasan, maupun teologi dan fiqh,” pungkas Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Memasuki sesi seminar, dilakukan secara 2 tahap. Tahap pertama, seminar menghadirkan dua narasumber. Yakni Dr Mahrus, MAg Direktur Ponren Kemenag RI. Di mana mendiskusikan ihwal “Revitalisasi Pesantren Sebagai Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Keislaman”. Lalu ada juga dari Pengasuh TrenSains Muhammadiyah Sragen Prof KH Agus Purwanto, DSc yang membahas tentang “Model Integrasi Keilmuan di PesantrenMu untuk Membangun Peradaban Berkemajuan”.

Kemudian, sesi seminar yang kedua, menghadirkan Dewan Pakar LP2 PP Muhammadiyah H Asep Purnama Bahtiar, SAg., MSi. Di mana membahas mengenai “Dinamika Pesantren Muhammadiyah dan Kontribusinya dalam Membangun Peradaban Berkemajuan”. Lalu ada juga narasumber dari Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia periode 2014-2022 Rita Pranawati, M.A yang membahas mengenai “Membangun Pesantren Ramah Santri”. Dan Pengasuh Peaceantren Welas Asuh Garut Irfan Amali, MA yang membahas membahas “Kepengasuhan Santri Berbasis Nilainilai Perdamaian, Toleransi dan Kasih Sayang.”

Acara ini ditutup Ketua PP Muhammadiyah Dr KH Muhammad Saad Ibrahim, MA. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi kepada para pengurus LP2 PP Muhammadiyah atas terselenggaranya acara ini serta kepada para peserta yang telah mengikuti acara ini dengan baik. “Membangun seminar ini adalah ikhtiar membangun main set dalam memajukan PesantrenMu, dimana setiap main set membutuhkan action yang pelaksanannya adalah para stake holder pesantren Muhammadiyah,” ujarnya. (Durri/SlS/Tim/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok, Grogol, Sukoharjo melaksana....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universiti Teknologi Petrona....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhamamdiyah dr H Agus Taufiqurrahman, S....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wejangan dari K.H. Ahmad Dahlan, “Hidup-hidupilah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh memberikan pengharga....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah