Seminar Nasional Zakat UM Buton Bahas Inovasi Sosial

Publish

7 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
110
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BUTON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Buton menggelar Seminar Nasional Zakat dengan tema "Zakat dan Inovasi Sosial, Menuju Pembangunan Berkelanjutan" pada Rabu (6/3). Kerjasama antara Lazismu Sultra dan UM Buton menjadi landasan penyelenggaraan acara ini di Aula Universitas tersebut.

Dalam acara yang berlangsung dengan format panelis, para narasumber terkemuka menghadirkan pandangan tentang pentingnya zakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan:

Gunawan Hidayat, S.T., M.T dari Lazismu PP Muhammadiyah, membahas potensi zakat sebagai sumber dana vital bagi pembangunan sosial dan ekonomi Indonesia.

Dr. Wa Ode Al Zarliani, S.P., MM selaku Rektor UM Buton, menyoroti kontribusi zakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, baik dari aspek ekonomi maupun sosial.

Prof. Dr. H. Nur Alim, M.Pd dari Dewan Syariah Lazismu Sultra, menawarkan gagasan inovasi sosial dalam pengelolaan zakat untuk menangani permasalahan sosial di masyarakat.

Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag dari PWM Sultra, menjelaskan prinsip-prinsip syariah yang mengatur zakat, serta pentingnya penerapan syariah dalam pengelolaan dana zakat.

Seminar ini bertujuan memperkuat pemahaman dan kesadaran akan peran zakat dalam pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan. Diharapkan, kerjasama antara UM Buton dan Lazismu Sultra dapat menghasilkan strategi yang lebih efektif dalam pengelolaan zakat untuk kesejahteraan umat.

Selain presentasi dari para narasumber, acara ini juga mencakup serangkaian kegiatan, termasuk penyerahan sertifikat Lazismu dari Sultra ke Lazismu kota Baubau oleh Prof. Dr. H. Nuralim, M. Pd kepada Dr H Azaludin, M. Ak. Lazismu Provinsi juga turut serta menyumbangkan bantuan kepada korban kebakaran, dengan penyerahan donasi dari sekretaris Lazismu PP Muhammadiyah, Gunawan, S.T., M. T, kepada penerima, Bapak La Sudi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa prodi Kriya Tekstil dan Fashion (KTF) UM Bandung angka....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah - Nasyiatul Aisyiyah diharapkan menjadi organisasi yang kokoh dan mamp....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Fakultas Keguruan d....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kementrian Kesehatan RI menggelar even tahunan Hari Kesehatan Nasional....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

SAMALANGA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, Abdul Malik Musa, la....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah