SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Giat Berliterasi

Publish

5 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
136
Literasi

Literasi

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah - Hari Jum'at menjadi momen istimewa bagi siswa SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar, karena diadakan kegiatan literasi rutin. Selain melibatkan siswa-siswi dalam membaca buku, kegiatan ini juga memberikan pengalaman berbeda dengan dilaksanakannya di halaman sekolah (19/1). 

Kegiatan literasi ini, selain memberikan suasana yang berbeda, juga memberikan manfaat signifikan bagi siswa. Dengan membaca, mereka memperkaya kosa kata dalam otak dan melatih diri untuk berfikir kritis dan kreatif. 

Tidak hanya sebagai kewajiban, siswa-siswi SMP Muhammadiyah Darul Arqom sangat menikmati kegiatan literasi ini. Hari Jum'at bukan hanya untuk literasi, tetapi juga menjadi waktu untuk mengikuti ekskul dan melepaskan lelah dari kegiatan KBM biasa. Membaca buku yang disukai menjadi cara menyegarkan otak setelah hari-hari penuh aktivitas. 

Meskipun ada beberapa siswa awalnya tidak tertarik membaca buku, kegiatan literasi mampu mengubah perspektif mereka. Ada siswi kelas 8 yang awalnya tidak suka membaca buku, kini malah ketagihan membaca novel dengan alur yang seru. Ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi efektif dalam membentuk kebiasaan positif. 

Jenis buku yang dibaca oleh siswa sangat beragam, mulai dari dongeng, legenda, fabel, hingga novel fiksi dengan alur yang unik dan seru. Keberagaman ini memperkaya pengalaman literasi mereka. 

Rutin membaca buku memberikan sejumlah manfaat, seperti memperkaya kosa kata, mengoptimalkan kinerja otak, memperluas wawasan, dan melatih keterampilan menulis. Kegiatan literasi di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar tidak hanya menjadi sebuah tugas, tetapi sebuah pengalaman positif yang membentuk karakter dan kebiasaan siswa dalam membaca dan menulis. (Nayla/H.A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – KPI UMY mengadakan workshop menulis naskah publikasi yang ber....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Tim atlet Tapak Suci Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan hari Gizi Nasional 2024, Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Gebrakan internasionalisasi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) ....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Kolaborasi menjadi hal yang utama untuk mencapai baru yang diharapkan....

Suara Muhammadiyah

7 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah