Tahniah! 27 Wartawan UKW PWI DIY Bersama BUMN Dinyatakan Kompeten

Publish

19 January 2024
ukw

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
147
Doc. PWI DIY

Doc. PWI DIY

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY telah usai menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Selama tempo dua hari, Kamis-Jumat, 18-19 Januari 2024. UKW dilaksanakan di Forriz Hotel bekerja sama dengan tiga BUMN, yakni PT BRI (Persero) Tbk, PT PNM, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tema yang diusung “Menciptakan Wartawan Nasional dan Berakhlak.”

Ketua PWI Jawa Tengah H Amir Machmud NS SH., MH yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyebut implementasi UKW PWI DIY merupakan periode ke-10. Dan secara nasional sebagai periode ke-779. Sebanyak 29 peserta mengikuti kegiatan tersebut mulai dari jenjang muda, madya, dan utama.

Amir juga mengumumkan hasil UKW PWI DIY tersebut. Sebanyak 29 peserta tersebut yang dinyatakan kompeten ada sebanyak 27 orang. Salah satunya dari wartawan Suara Muhammadiyah. Sementara, terdapat 2 peserta yang dinyatakan belum kompeten.

“Jumlah kompeten sampai UKW nasional ke-778 kemarin tercatat 18.746 orang. Sedangkan jumlah kompeten UKW nasional ke-779 di Yogyakarta atau yang ke-10 ini 27 orang. Sehingga total wartawan yang sudah kompeten UKW secara nasional adalah 18.773 orang,” ucapnya.

Ketua PWI DIY Drs H Hudono, SH mengungkapkan kegembiraannya dengan pelaksanaan UKW kali ini. Menurutnya, para peserta begitu rupa melaksanakan UKW dari hari pertama sampai hari kedua dengan sangat baik. Namun, ada 2 peserta yang belum kompeten, Hudono tetap memberikan apresiasi dan semangat untuk terus berlatih berkelanjutan menjadi wartawan profesionalitas.

“Saya sangat senang dan bahagia dalam penutupan UKW ini meskipun ada yang belum kompeten. Artinya masih ada kesempatan lagi untuk kita selenggarakan UKW dan ikut lagi. Mudah-mudahan yang ke depan semuanya bisa kompeten,” katanya.

Tak lupa Hudono mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan penguji yang telah ikut serta dalam menyukseskan UKW ini. Ia mengharapkan agar ke depan pelaksanaan UKW bisa jauh lebih baik dari UKW ke-10.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para penguji yang hebat semuanya. Memang integritasnya tidak diragukan, sehingga teman-teman bisa manteb mengikuti ujian. Dan harapan, ke depan bisa berkelanjutan,” ujarnya.

Direktur UKW PWI Pusat Dr H Firdaus Komar, MSi menyampaikan tahniah atas keberhasilan peserta yang mengikuti UKW. Dan, Firko memotivasi kepada peserta yang belum kompeten dapat terus bersemangat mengasah diri agar menjadi wartawan negeri yang mampu melayani masyarakat menikmati dan memperoleh informasi kontemporer.

“Peserta sudah selesai (melaksanakan UKW). Ada yang kompeten dan belum kompeten. Itu merupakan satu proses yang memang harus kita ikuti. Jadi bapak-ibu yang sudah dinyatakan kompeten berkaitan dengan apa yang menjadi tugas utama kita sebagai pengawal jurnalistik Indonesia,” jelasnya.

Firko mengingatkan peserta yang telah dinyatakan kompeten, maka akan lebih terstandarisasi. Lebih lanjut dapat meningkatkan kompetensinya di dunia jurnalistik. 

“Ini juga berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab kita sebagai wartawan. Secara filosofi paradigma mengikuti kompetensi ini bukan satu hal sementara, (karena) ini merupakan rangkaian tanggung jawab kita berkaitan dengan tugas-tugas kita yang sudah masuk di progesi wartawan. Inilah yang harus kita ikuti,” tuturnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Pekalongan Peri....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mentalitas unggul harus dimiliki oleh civitas akademika Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir,M....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang UMKM, Pemberdayaan Masyarakat....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Keberadaan PCIA sangat penting bagi kerja ‘Aisyiyah ya....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah