Uhamka Gandeng PCIM Jepang, Wujudkan Internasionalisasi Muhammadiyah

Publish

21 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
235
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah -Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan ikatan kerja sama melalui Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (21/10).

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Gufron Amirullah selaku Ketua Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka, Muntazimah selaku Kepala Divisi Kerja Sama dan Urusan Internasional, Lembaga Pembinaan Publikasi, Perankingan, Kerja sama, dan Urusan Internasional (LP3KUI), Prof Ade Hikmat selaku Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) Uhamka, Ridwan Wicaksono selaku Chairman PCIM Jepang, jajaran dekan fakultas di lingkungan Uhamka dan stakeholders.

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan bahwa kerja sama  Uhamka dengan PCIM Jepang ini sangat penting untuk maju bersama persyarikatan agar dapat menjalankan dakwah amar ma’ruf nahi munkar secara kuat dan berkesinambungan. Hal ini juga merupakan bagian dari program LPPM Uhamka yaitu berkerja sama dengan luar negeri.

“Mengingat hasil Muktamar Muhammadiyah yaitu internasionalisasi Muhammadiyah, maka muncul ide dan gagasan untuk berkolaborasi dengan PCIM Jepang. Alhamdulillah selama ini kegiatan LPPM Internasional sudah berjalan dengan baik bersama PCIM Malaysia. Menurut saya program kerja sama ini sangat strategis karena di pihak mahasiswa juga banyak yang berminat mencari pengalaman di Jepang,” tutur Prof Gunawan.

Di lain pihak, Ridwan Wicaksono selaku Chairman PCIM Jepang mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik adanya MoU bersama Uhamka. Ia berharap melalui kerja sama ini dapat menjadi jembatan pengantar bahasa Indonesia atau bahasa Inggris untuk para siswa yang baru beradaptasi dengan bahasa Jepang.

“Saya juga berharap adanya MoU ini dapat memberikan kebermanfaatan yang lebih luas. Artinya aktivitas yang dilakukan tidak hanya berdampak kepada warga Indonesia saja, tetapi juga warga internasional. Dan kerja sama seperti ini saya kira sangat bagus dan perlu digalakkan supaya kita mendapat nilai tambahan serta ingin mendapatkan pahala jariyah yang mengalir,” ujar Ridwan. (Latif/Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul berkunjung ke ....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Agenda Global Forum for Climate Movement dengan tema Promoting Gree....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Sejumlah  analisis pakar mengenai Muhammadiyah disampaikan Rektor ....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program Studi S1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokt....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 31 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Lulus d....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah