Agus Taufiqurrahman Ungkap Ciri Pribadi Muttaqin

Publish

21 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
100
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam momentum Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr. Agus Taufiqurrahman, Sp.S, M.Kes., menyampaikan tentang peran penting pendidikan sebagai bagian dari penyelamat masa depan umat dan bangsa. 

Pada awal penyampaian kajian, Agus Taufiqurrahman membahas keluaran umat Islam setelah bulan Ramadan adalah menjadi pribadi yang muttaqin.  

“Masuk momentum Ramadan kita gunakan sebaik-baiknya, kemudian di bulan Syawal perwujudan dari itu. Kalau pada khasanah tasawuf, masuk bulan Ramadan itu ibaratnya membuang yang kotor terus diisi dengan kebaikan. Hasilnya akan menjadi pribadi yang muttaqin,” paparnya. 

Ciri pribadi yang muttaqin itu, lanjutnya, harusnya menjadi menyenangkan, suka membantu orang lain, punya kepedulian yang tinggi, dan tidak suka marah. 

“Maka mereka akan disenangi masyarakat, karena suka menolong, suka membantu sesama. Mari kita hiasi ini dengan silaturahmi,” tambah Agus pada Sabtu, (20/4) di Gedung Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 UMS.

Dia menambahkan, kalau di media Indonesia orang baru mau membangun relasi sosial, Islam sudah melakukannya. Dalam khasanah Islam itu sendiri yang disebut sebagai relasi sosial adalah silaturahmi. Bahasa agamanya adalah menyambung relasi, sehingga orang Islam tidak perlu lagi kaget dengan hasil penelitian yang panjang itu. 

Kata nabi akan hadir zaman, yang kondisinya serba terbalik dari kebenaran itu sendiri. Saat yang harusnya amar makruf nahi mungkar, malah amar mungkar nahi makruf. Di antara solusi tersebut, umat Islam harus menguatkan silaturahmi. 

“Insyaa Allah kampus akan menjadi penyelesai problem besar di era disrupsi sosial. Salah satunya adalah menurunnya standar moral warga bangsa, dan dunia pendidikan harus menyelamatkan kondisi ini,” tegasnya.

Masalah masa kini adalah anak muda protes masalah keimanan, yang solusinya adalah kembali kepada keimanan itu sendiri. Dalam pengajian Pimpinan Pusat Muhammadiyah diungkap bahwa anak-anak lulusan Perguruan Tinggi tidak berkenan cepat menikah, sehingga yang menikah di usia normal itu mengalami penurunan, kecuali yang mengalami kecelakaan hingga akhirnya nikah muda. Selain itu, ada yang sudah menikah tetapi mendeklarasi sebagai kelompok childfree dan masih banyak lagi.

“Sehingga sendi beragama mutlak harus disadari bahwa kondisi saat ini mengalami ancaman yang serius, belum lagi di kampus juga banyak kasus LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender). Oleh karena itu, mari kita jadikan kampus kita sebagai bagian dari penyelamat masa depan umat dan bangsa, di samping untuk penyelamat dakwah persyarikatan. Semoga Allah SWT terus menjaga UMS sebagai kebanggan umat bangsa sekaligus center of excellent persyarikatan Muhammadiyah,” pungkasnya. 

UMS Semakin Diminati

Rektor UMS menyampaikan pengumuman mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMS Tahun Akademik  2024/2025.

Pada saat sambutan, Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan pendaftar mahasiswa baru sampai pagi itu Sabtu, (20/4) sudah lebih dari 10 ribu pendaftar, yang lolos tahap seleksi tes sebanyak lebih dari 2.600 peserta, dan yang sudah melakukan registrasi sebanyak 2.329 peserta.

"Berdasarkan presentase, dibandingkan dengan tanggal yang sama di tahun lalu, ada kenaikan sebanyak 4 persen," kata Rektor, Sabtu, (20/4).

Ini berarti, tambahnya, menandakan ada perkembangan secara konsisten. UMS selalu ada berkah terutama dalam hal mahasiswa baru.

Saat ini, laman resmi PMB UMS, pmb.ums.ac.id, masih membuka pendaftaran program Vokasi, Sarjana, Magister, Doktoral, dan Profesi. Jalur seleksi yang disediakan yaitu Computer Based Test (CBT), Prestasi / Rapor (E-Seleksi), Tes Online, Beasiswa UMS, KIP Kuliah Sarjana.

Pada jalur Prestasi / Rapor (E-Seleksi) cukup berbekal rapor selama 5 semester bisa kuliah di UMS bebas tes. Pendaftaran jalur E-Seleksi Rapor merupakan representasi jalur prestasi / bebas tes yang menjadi salah satu jalur seleksi masuk mahasiswa baru di UMS. 

E-Seleksi Rapor diperuntukkan bagi pendaftar yang berasal dari SMA/SMK/MA sederajat ke jenjang Sarjana (S1). Pendaftar adalah siswa yang lulus di tahun akademik pembukaan PMB dan/atau telah lulus maksimal pada 2 tahun sebelumnya. Pendaftaran dibuka setiap hari mulai 1 November 2023 sampai 31 Agustus 2024. 

Alur pendaftaran E-Seleksi meliputi : (1) Pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA sederajat; (2) Pendaftar membuat akun; (3) Pendaftar memilih program studi pilihan; (4) Pendaftar membayarkan biaya pendaftaran; (5) Pendaftar melengkapi data diri; (6) Pendaftar mensubmit hasil prestasi/ rapor semesetr 1-5 (kelas X-XII) disertai dengan halaman identitas diri yang memuat data diri siswa, NISN, nama orang tua, dan data lainnya; (7) Pendaftar mensubmit Surat Keterangan Sehat (jasmani/ kejiwaan) bagi program studi yang mensyaratkan; (8) Jika dinyatakan lolos, silakan registrasi online dan selesaikan biaya administrasi; (9) Cetak bukti registrasi dan NIM kamu; (10) Registrasi final untuk ambil Kartu Mahasiswa dan Jas Almamater.

Tertarik untuk mendaftar di kamus berkemajuan melalui jalur seleksi Prestasi / Rapor (E-Seleksi) dan menjadi bagian dari GenMu, langsung daftarkan diri di link ods.ums.ac.id/jalur_raport/daftar/. Informasi lebih lanjut prosedur pendaftaran dapat menghubungi E-Mail: pmb@ums.ac.id, Telp: 0271-717417, wa.me/6281227000102. Atau datang langsung ke kantor Admisi PMB UMS di Gedung Induk Siti Walidah Lt. 2, Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Kartasura, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, 57169, Jawa Tengah, pada Jam Kerja: 08.00-15.00. (Fika/Yusuf)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah - Suasana kebahagiaan dan semangat yang memenuhi ruang pertemuan Mus....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah Pimpinan Pusat Muhammad....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

PEKAJANGAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menyele....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali menggelar upacara pelantikan....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Wilayah (Musywil) Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muh....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah