Rencana Program Nagari Muhammadiyah Mendapat Sambutan Luar Biasa

Publish

25 December 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
198
Foto Istimewa

Foto Istimewa

AGAM, Suara Muhammadiyah - Rencana Program Nagari Muhammadiyah di Nagari Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya yang diwacanakan PP Muhammadiyah beberapa waktu lalu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Sungai Batang.

Hal ini ditandai dengan besarnya keinginan masyarakat setempat untuk segera mewujudkan sesuai yang diinginkan.
Pertemuan dan silaturahim yang berlangsung di Kantor Wali Nagari Sungai Batang itu dihadiri oleh Ketua PWM Sumbar Bahtiar, Wakil Ketua Zaitul Ikhlas, Afrijal Harun, Yosmeri Yusuf, UPP Ismail Novel, dan Ketua PDM Agam Mursyidi.

Dalam diskusi yang dilakukan beberapa pihak, baik dari PDM Agam, Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat melakukan silaturahim dengan pemerintahan Nagari, tokoh masyarakat, dan pemuda Nagari Sungai Batang, Jumat (23/12/2023) tersebut didukung sepenuhnya.

Walinagari Sungai Batang Ahsin sangat antusias dan memberikan apresiasi tinggi atas rencana tersebut dan menyatakan siap berkolaborasi dengan jajaran Persyarikatan Muhammadiyah di semua tingkatan untuk mewujudkan program yang diimpikan selama ini.

"Kita sangat mendukung dan memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk mendorong semua pihak merealisasikannya," katanya.
Pemerintah nagari dengan stakeholder yang ada, seperti dari kalangan Ninik mamak, Badan Musyawarah, lembaga pemberdayaan masyarakat, Bundo Kanduang, pemuda dan lainnya.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) S.Dt Machudum juga merespon positif wacana tersebut dan materi atau konsep Nagari Muhammadiyah tersebut akan dibahas secara intensif bersama tokoh masyarakat lainnya, sehingga program tersebut terwujud dengan baik dan sukses.

"Kita akan mensinergikan konsep tatanan adat dan syarak dikombinasikan dengan program Muhammadiyah di tengah masyarakat," katanya.

Pihaknya siap mendukung program yang baik ini untuk ditumbuhkembangkan dalam kehidupan masyarakat Nagari Sungai Batang nanti.
Semoga program yang baik dan disikapi dengan baik untuk mewujudkan program yang baik nantinya demi kemajuan Nagari Sungai Batang menjadi lebih baik.

Ketua Badan Musyawarah AN Dt Pangulu Basa juga sangat mendukung program tersebut dan berupaya semaksimal menyiapkan regulasi yang diperlukan di nagari, sehingga aturan hukum yang ada berjalan seiring sejalan dengan program pembangunan fisik dan nonfisik di nagari.

"Ini momen bersejarah bagi masyarakat Nagari Sungai Rangeh dan akan ditindaklanjuti oleh semua komponen masyarakat untuk mewujudkan program yang dinantikan di masa selanjutnya," katanya.

Camat Tanjung Raya diwakili Harfi juga mendorong program yang akan dilaksanakan ke depannya, yaitu dengan adanya sinergitas program pemerintah dengan Muhammadiyah dapat seiring sejalan memperkuat jalannya program pemerintah ke depannya.

Ketua PDM Agam Mursyidi menyatakan siap melakukan konsolidasi dengan semua komponen yang ada di tingkat PWM Sumbar, Cabang dan Ranting serta komponen pemerintah kecamatan dan nagari dan jorong dalam upaya membangkitkan semangat bermuhammadiyah di Nagari Sungai Batang.

"Pada dasarnya masyarakat Nagari Sungai Batang sudah komit dan konsisten melaksanakan program Muhammadiyah sejak dulu hingga kini," katanya.

Hanya saja kini kita berupaya mewujudkan program bersama dengan semua komponen pemerintah dan masyarakat serta persyarikatan Muhammadiyah menjadi satu kesatuan kekuatan memperkuat program tersebut dirasakan dampaknya di semua lini.

"Tentunya hal ini sekaligus sebagai pilot proyek terwujudnya Nagari Muhammadiyah dan menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia," katanya.

Ketua PWM Sumbar Bakhtiar bersama jajaran pimpinan lainnya sepakat berkontribusi mewujudkan konsep Nagari Muhammadiyah ini di Sungai Batang dan siap ambil bagian mendorong dan menyiapkan konsep yang dibutuhkan bersama masyarakat Sungai Batang secara keseluruhan.

"Dengan adanya program yang berkolaborasi dengan semua pihak akan dapat menunjang terealisasinya program yang diinginkan tersebut berjalan dengan baik dan sukses," katanya.(mursyidi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Dr Muchlas MT dikukuhkan....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

LHOKSEUMAWE, Suara Muhammadiyah - Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Lhokseumawe Rahmat Muhazir menyampa....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

Mutiara Ramadhan: Spiritualitas Ramadhan Untuk Peradaban Yang Berkemajuan YOGYAKARTA, Suara Muhamam....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat Prof Dr H A....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Materi pertama pada acara Ideopreneurship/Baitul Arqom pada tanggal....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah