Seleksi Petugas Haji Diapresiasi, Adaptif dengan Platform Digital

Publish

26 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
177
Foto Dok Kemenag RI

Foto Dok Kemenag RI

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H / 2024 M memasuki bagian yang menentukan. Agenda yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) ini diikuti 1.302 peserta di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Seleksi PPIH atau biasa dikenal dengan seleksi petugas haji merupakan salah satu tahapan krusial dalam penyelenggaraan ibadah haji. Seleksi dilakukan dalam dua tahapan, yaitu Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara.

"Penggunaan CAT ini, bagian dari transformasi digital yang dilakukan Kemenag. Bahkan, kita sudah melakukan digitalisasi mulai dari proses pendaftaran di aplikasi PUSAKA," tutur Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief kutip laman Kementerian Agama, Kamis (25/1/2024).

"Ini memang sengaja kita lakukan, karena memang petugas haji itu harus familiar dengan dunia digital," imbuh Hilman saat memberikan arahan jelang pelaksanaan tes di Asram Haji Pondok Gede.

Hilman menuturkan, tuntutan ini harus dipenuhi di tengah pesatnya kemajuan teknologi yang terjadi. "Nanti di Arab Saudi, petugas harus membantu jemaah dengan berbagai sistem yang sudah terdigitalisasi," ungkap Hilman.

Guru Besar UMY bidang Filantropi Islam tersebut menambahkan, penggunaan CAT menjadi upaya peningkatan transparansi dan keadilan dalam proses seleksi PPIH Arab Saudi. "Ini upaya kita untuk menghasilkan petugas yang bertanggung jawab dan profesional," kata Hilman.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemenag Faisal Ali Hasyim juga menggarisbawahi pentingnya transparansi dan keadilan dalam proses seleksi petugas haji. "Kami sebagai Inspektorat Jenderal juga senantiasa mengawal proses ini," kata Faisal.

"Bila ada yang menemukan ketidaktransparanan atau ketidakadilan dalam proses seleksi ini, silakan lapor melalui Dumas Online yang ada pada PUSAKA Superapps. Pasti kita tindak lanjuti," sambungnya.

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengungkapkan, para peserta yang mengikuti CAT hari ini, terdiri dari unsur ASN, TNI/Polri, perwakilan ormas, tenaga kesehatan, jurnalis, serta humas Kemenag.

"Mereka yang turut ikut serta hari ini, telah kita nyatakan lolos tahapan administrasi dan verifikasi," terang Arsad.

Menurutnya, ada 9.375 orang yang mendaftar PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M. "Namun hanya 4.677 orang membuat akun. Dari jumlah itu, sebanyak 3.257 yang mengunggah dokumen persyaratan," tutur Arsad.

Setelah dilakukan verifikasi, hanya 1.302 orang yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tes CAT dan Wawancara.

Salah satu peserta seleksi PPIH, Putra mengapresiasi penyelenggaraan yang berlangsung dengan tertib. Menurutnya, penggunaan perangkat digital turut membantu menyeleksi ribuan peserta mulai dari seleksi administrasi, ujian berbasis aplikasi hingga tahap wawancara.

“Saya kira tahapan CAT dan wawancara PPIH tahun ini berjalan lancar, tertib, tuntas. Apresiasi untuk Ditjen PHU Kemenag, panitia, dan peserta yang datang dari seluruh tanah air untuk menyukseskan seleksi PPIH dari pagi hingga petang ini,” pungkasnya. (rpd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LANGKAT, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah tel....

Suara Muhammadiyah

3 November 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupa....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 29 Universitas Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

ENREKANG, Suara Muhammadiyah - Salah satu keunggulan MTs Muhammadiyah Kalosi Enrekang saat ini adala....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim Pengbdian Dosen Fakultas Kedokteran UII dan UAD berkolabo....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah