Sudah Ada 16 Lembaga, Jaringan MTCN Giatkan Kolaborasi Pengendalian Tembakau

Publish

8 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
170
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Tobacco Control Network (MTCN) melakukan koordinasi beragam fokus isu kajian dan advokasi pengendalian tembakau. Memasuki tahun 2024, MTCN bertekad untuk mengembangkan program yang lebih masif lagi dan menyebar ke berbagai daerah.

Ketua Bidang Kesmas Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Emma Rachmawati, Dra., M.Kes menyebut MTCN menjadi ujung tombak dari gerakan amar makruf dalam hal tobacco control (pengendalian tembakau). Hal ini dikarenakan MTCN masuk rencana strategis MPKU dan perlu sama-sama berkoordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai kegiatan baik pemerintah maupun berbagai lembaga di dunia dalam pengendalian tembakau.

Emma berharap MTCN juga melakukan pengembangan dari Muhammadiyah Tobacco Control (MTCC) yang telah ada di beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (PTMA) serta beberapa pusat studi pada PTMA. “Ini menjadi kekuatan, karena dari perguruan tinggi memili catur dharma untuk mendukung penegakkan fatwa haram rokok,” katanya.

Termasuk bersama organisasi otonom Muhammadiyah baik Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Nasyiatul Aisyiyah (NA), dan. ‘Aisyiyah. “MTCN memiliki potensi yang luar biasa dan saya yakin bisa terus berkembang anggotanya,” tambahnya.

Ketua MTCN Roosita Meilani Dewi, SP., MM dalam sambutannya mengungkapkan bahwa setiap institusi melakukan aktivitas mulai dari kampanye pengendalian tembakau, mendorong Peraturan Daerah (Perda) Kawaan Tanpa Rokok (KTR) hingga riset. Ke depan MTCN dapat melakukan agenda bersama dari jaringan lembaga termasuk penggiat atau aktivis pengendalian tembakau yang lebih masisf lagi. Selain itu, kolaborasi dengan media terutama di internal persyarikatan seperti Suara Muhammadiyah, Suara ‘Aisyiyah, dan TV Muhammadiyah dapat ditingkatkan.

Setidaknya ada 16 lembaga yang tergabung dalam MTCN yaitu 1. MTCC (Muhammadiyah Tobacco Control Center) Universitas Muhammadiyah Magelang; 2. IISD (Indonesian Institute For Social Development); 3. CHED ITB-Ahmad Dahlan Jakarta; 4. Muhammadiyah Steps, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 5. MTCC (Muhammadiyah Tobacco Control Center) Universitas Muhammadiyah Aceh; 6. MTCC (Muhammadiyah Tobacco Control Center) Universitas Muhammadiyah Purwokerto; 7. Pengiat Pengendalian Tembakau FKM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Selanjutnya 8. MTCC (Muhammadiyah Tobacco Control Center) Universitas Muhammadiyah Mataram; 9. MTCC (Muhammadiyah Tobacco Control Center) Universitas Muhammadiyah Surabaya; 10. Pengiat Pengendalian Tembakau UHAMKA Jakarta; 11. Pengiat Pengendalian Tembakau Universitas Muhammadiyah Jakarta; 12. Pengiat Pengendalian Tembakau Universitas Muhammadiyah Malang; 13. Pengiat Pengendalian Tembakau Universitas Muhammadiyah Semarang; 14. Pengiat Pengendalian Tembakau Universitas Sibermu; 15. Tobacco Control Ikatan Pelajar Muhammadiyah; dan 16. Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah. (riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BLORA, Suara Muhammadiyah - Momentum keberkahan bulan Ramadhan menjadi saat yang sangat berharga bag....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

LAMONGAN Suara Muhammadiyah - Ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM) Jawa Timur Mohammad Mift....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

  BLITAR, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya memperkuat branding sekolah dan melengkapi para pen....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Uji Kompetensi Wartawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UKW UMJ) ya....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersilaturahmi ke Pondok Pe....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah