Tampilkan Drama Kolosal Memperingati Sumpah Pemuda

Publish

29 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
264
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMPUNG TIMUR, Suara Muhammadiyah - Tepat pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 bertempat dihalaman madrasah, siswa-siswi MI Muhammadiyah Tanjung Inten Purbolinggo memperingati hari sumpah pemuda dengan menampilkan Drama Kolosal bertajuk sejarah terjadinya Sumpah Pemuda. 

Dalam penampilannya, para siswa sangat menghayati dan mendalami peran mereka masing-masing. Dimana peran yang ditampilkan meliputi prajurit Jepang, penjual dipasar, anak-anak sekolah, petani, rakyat jelata dan para pemuda (jong) yang mewakili setiap daerahnya. 

Adapun alur cerita yang disajikan seolah-olah menggambarkan situasi pada tahun 1926 sampai 1928, dimana Jepang masih menjajah pribumi, dengan segala kebijakan yang sangat merugikan rakyat Indonesia kala itu. Banyak kaum pria yang dijadikan pekerja Romusha dan hasil pertanian dibebani pajak yang sangat tinggi, sehingganya rakyat Indonesia benar-benar tertindas di negerinya sendiri. Sampai pada penghujung penampilan, para siswa dengan peran pemuda-pemudi Indonesia menyatukan suara untuk bertekad menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang merdeka, dengan mendeklarasikan sumpah pemuda, berbangsa, berbahasa dan bertanah air yang satu, Indonesia. 

Tujuan dihadirkannya drama kolosal ini adalah untuk mengingatkan dan meningkatkan kembali kesadaran siswa-siswi MI Muhammadiyah Tanjung Inten akan perjuangan rakyat Indonesia, terutama golongan muda dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsanya. 

"Ini adalah upaya kami mengingat sekaligus meningkatkan kesadaran siswa-siswi MI Muhammadiyah Tanjung Inten akan sejarah dan rasa nasionalisme terhadap bangsanya sendiri" pungkas M. Arief Kurniawan selaku kepala madrasah. (Nuri) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Menghadapi era disrupsi abad 21, para pendidik dan peserta didik tida....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menambah guru besar dala....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menyebar ke ....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Banyumas, Jawa Tengah, telah ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Agus Subiyanto,....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah