Serangan Mongol (Bagian ke-2)

Publish

19 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
270
Sumber gambar: zilfaroni.web.id

Sumber gambar: zilfaroni.web.id

Serangan Mongol (Bagian ke-2) 

Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Pasukan Jengis Khan membakar ladang dan tanaman dan menyerabut mata pencaharian rakyat jelata. Saat kelaparan berlangsung, maka jutaan pengungsi bermigrasi ke barat. Mereka membawa serta kisah-kisah apokaliptik dari spesies karnivora dari makhluk setengah kuda setengah manusia yang menyebar seperti wabah di seluruh dunia yang beradab. Tidak ada yang ingin menghadapi dan menguji kemurkaan orang-orang Mongol. Ketika Jengis Khan meninggal dalam beberapa dekade berikutnya, penggantinya melanjutkan kampanye pemusnahan. Ini adalah periode yang dipenuhi dengan ketakutan dan teror.

Di tengah wilayahnya yang sudah porak-poranda, Khalifah Al Mu`tashim dari dinasti Abbasiyah mendapatkan kembali kendali atas Baghdad. Al Mu`tashim berupaya mengumpulkan dengan jumlah yang signifikan. Ditopang oleh kepercayaan diri yang berlebihan dan perhitungan yang salah kaprah, Al Mu`tashim yakin dia dapat mempermainkan dan mengibuli  penguasa baru Mongol, Hulagu Khan demi menegaskan kembali otoritas dinasti Abbasiyah. Lali sang khalifah mengirim kabar ke Hulagu Khan dan mengundangnya untuk menyerang musuh-musuhnya. Namun yang terjadi sebaliknya. 

Hulagu Khan melakukan arak-arakan menuju Baghdad dan menuntut penyerahan penuh khalifah. Dalam ultimatumnya Hulagu Khan menulis sebagai berikut, "Masa lalu telah berakhir. Hancurkan bentengmu, isi paritmu, serahkan kerajaanmu kepada putramu dan datanglah kepada kami. Jika kamu tidak mengindahkan saran kami maka bersiap-siaplah ketika saya memimpin pasukan yang penuh kemurkaan buat menghancurkan Baghdad. Sungguh pun kamu bersembunyi di langit atau di bumi, saya akan menghancurkanmu. Saya tidak akan meninggalkan satu pun nyawa di tanahmu dan saya akan membumihanguskan kotamu."

Terlepas dari peringatan itu, khalifah Al Mu`tashim memilih untuk menentang Hulagu Khan. Maka pada awal Februari 1258 pengepungan Baghdad dimulai. Di akhir bulan, Baghdad praktis tidak ada lagi. Khalifah Al Mu`tashim ditangkap hidup-hidup dan dipenjara. Setelah beberapa hari kelaparan, Al Mu`tashim meminta Hulagu Khan memberinya makanan. Lalu Hulagu Khan mengirimnya piring bertahta emas. Ketika Al Mu`tashim menolak menyantap emas itu, Hulagu Khan berkata, "Jika Engkau tidak bisa memakannya mengapa Engkau memegangnya? Mengapa Engkau tidak memberikannya saja kepada orang-orang yang siap mati untukmu?" 

Hulagu Khan membawa Al Mu`tashim ke gerbang Baghdad yang sudah rusak dan berujar, "Apa gunanya tembok-tembok ini jika tidak ada orang yang membelanya." Setelah itu pasukan Mongol menggulung khalifah Al Mu`tashim ke dalam karpet dan membiarkan kuda-kuda menginjak-injaknya sampai mati. Para bangsawan dan rakyat jelata kota Baghdad juga sama-sama dihancurkan.

Sesuai dengan janjinya, Hulagu Khan benar-benar membakar kota Baghdad. Masjid, istana, dan rumah sakit digeledah. Sekolah dan lembaga perpustakaan yang luar biasa dihancurkan. Jutaan dokumen, alat tulis/gambar, dan buku dibakar dan dilemparkan ke sungai Tigris. Dari beberapa catatan disebutkan bahwa air sungai Tigris berubah menjadi hitam karena tinta selama berhari-hari. Akumulasi pengetahuan dan catatan selama berabad-abad binasa dan terlupakan. Jatuhnya Baghdad menandai titik balik dalam sejarah Islam.

Orang-orang Mongol akhirnya dikalahkan oleh kelompok Mumluk Turki dari Mesir dan orang-orang Mongol yang tersisa akhirnya masuk Islam. Pada yang sama perubahan besar terjadi di Eropa. Kerajaan-kerajaan Iberia mengembangkan kerakah (sejenis kapal layar) canggih dengan kemampuan melayari laut dalam. Ini memungkinkan mereka berlayar di sekitar ujung selatan Afrika untuk mencapai Asia. 

Ketika pedagang Eropa mendirikan rute perdagangan maritim baru yang melewati bagian-bagian keras di Timur Tengah, ini menggerakkan transisi geo-ekonomi yang berdampak runtuhnya Jalan Sutra. Namun kemunduran peran Jalan Sutra antarbenua bukan hanya perubahan ekonomi. Perdagangan membawa informasi, barang dan komoditas baru. Perdagangan internasional membuat Timur Tengah terintegrasi dan menyadari eksistensi dunia luar—Bersambung.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Khazanah

Al-Ghazali dan Filsafat Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Al-Ghaz....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Khazanah

Kitab-Kitab Hadits (Bagian ke-2) Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas A....

Suara Muhammadiyah

15 December 2023

Khazanah

Begini Cara Pak Kasman Memahami Perempuan dalam Islam Oleh Mu’arif Sebenarnya, Kasman Singod....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Khazanah

Serangan Mongol (Bagian ke-2)  Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universita....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Khazanah

Al Ghazali dan Inkoherensi (Bagian ke-2) Oleh: Donny Syofyan Pada hari pertempuran, para bangsawan....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah