Mahasiswa Magister Hukum UAD Juara Umum LKTI Nasional

Publish

12 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
236
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MATARAM, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa program studi Magister Hukum UAD menjadi juara umum dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) 2024 yang diselenggarakan di Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT).

LKTIN 2024 diikuti oleh para finalis dari mahasiswa dari berbagai prodi Magister Ilmu Hukum/Magister Hukum baik PTN/PTS di Indonesia ini mengambil tema Dinamika Penegakan Hukum Di Indonesia tersebut dalam babak final meloloskan 20 paper yang dilombakan pada tanggal 9 Pebruari 2024.

Ketua Panitia LKTIN 2024 Dr. Nurjanah Septyanun,SH,MH,dalam kesempatan sambutannya menyampaikan tata tertib kegiatan dan peserta lomba yang terdiri dari peserta LKTIN dari mahasiswa prodi MIH/MH : UGM Yogyakarta, UI Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UNPAD Bandung, UIR Pekanbaru, UAD Yogyakarta dan UMMAT Mataram selaku tuan rumah,dan lain-lain.

Ajang ilmiah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman & penalaran hukum baik dari sisi law on book dan law in action, sekaligus menghasilkan tulisan-tulisan ilmiah hasil karya mahasiswa berbasis riset hukum yang berkualitas.

Acara ditutup oleh Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Muhamadiyah Mataram Dr. Lukman,MPd. dan telah diumumkan pemenang LKTIN 2024 dengan kategori best paper bidang Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara : Juara 1 Retno mahasiswa Magister Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta dengan judul karya tulis" Pemenuhan Hak Politik Pekerja Migran Indonesia dalam Pemilihan Umum 2024 Perspektif Hak Konstitusional";

Juara 2 Amriana Amri dan Nanang Muhammad Rofi'i mahasiswa Magister Hukum dari UAD Yogyakarta dan Juara 3 Danang RA dan Yuni Purnama Sari dari Magister Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

 Untuk kategori Best Paper Hukum Perdata/Bisnis juara 1 Haura Salsabiela El Sabrina Nazar dari Magister Ilmu Syari'ah UIN Sunan Kalijaga dengan judul karya tulis " Polemik Perkawinan Anak: Realita dan Dilema Penegakan Hukum Keluarga di Indonesia", juara 2 Afriansyah Tanjung dari Magister Hukum UAD dan juara 3 Hashfy Radifan dari Magister Hukum UAD.

Kemudian untuk Best Paper bidang Hukum Pidana juara 1 Patisina dari Magister Hukum UAD dengan judul karya tulis “Peran Psikologi Forensik dalam Pemulihan Korban Pemerkosaan Menurut Hukum Pidana di Indonesia"; juara 2 Imtikhan Anas dari Magister Hukum UAD dan juara 3 Samsul Arif dari Magister Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram

Selain best paper telah ditetapkan juga pemenang dengan kategori Best Presenter. Untuk bidang HTN juara 1 diraih oleh Fina Asfi dan Salmah dari Magister Hukum UAD dengan judul karya tulis “ kajian tentang Pemindahan Ibu Kota Negara Melalui Pengesahan Undang-Undang Ibu Kota Negara Ditinjau dalam Perspektif Politik Hukum”;

Dalam bidang hukum perdata/bisnis best presenter sebagai juara 1 diraih oleh Afriansyah Tanjung dari UAD dengan judul paper “Bisnis dan HAM: Kebijakan Tourism Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Gunung Kidul, DIY dan Kota Mataram, Provinsi NTB”;

Dari Hukum pidana best presenter diraih oleh Patisina juga dari mahasiswa prodi Magister Hukum UAD dengan judul karya tulis “Peran Psikologi Forensik dalam Pemulihan Korban Pemerkosaan Menurut Hukum Pidana di Indonesia".

Raihan juara umum ini menjadi prestasi dan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam ajang penulisan ilmiah berbasis penelitian. Dr Nurjanah Septyanun,SH,MH menyampaikan kegiatan seperti ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuannya menganalisis kasus hukum atau fenomena penegakan hukum yang terjadi di Indonesia saat ini. (riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rahmansyah Sibarani terpilih untuk memimpin Forum Komunikasi Alumni (Fok....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana bersama Majelis ....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – LPO PDM Bantul membina kebugaran masyarakat dengan menerapkan Sen....

Suara Muhammadiyah

8 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu (17/1), Tim Pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) men....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Di era tantangan global yang kian hari kian memuncak muncul berbagai mas....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah