Tim Dosen UAD Berikan Pelatihan Internasional di Malaysia

Publish

24 September 2023
uad

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
231
Dok Istimewa

Dok Istimewa

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - TIM Dosen UAD memberikan pelatihan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat program internasional. Kegiatan pengabdian ini tersegmentasi ke dalam dua hal, yakni mengenalkan pentingnya belajar bahasa arab dan upaya meningkatkan minat belajar anak melalui metode sokratik dan storytelling. Kegiatan diikuti oleh sekitar 30 orang yang terdiri dari wali murid dan guru. Pada (11/09/2023)  di Sanggar Belajar Muhammadiyah (SBM) Intan Baiduri Kepong, Malaysia.

Kegiatan tersegmentasi pada dua sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Ahmad Zaki Annafiri, S.Pd.,M.Ed., yang merupakan dosen bahasa arab UAD. 

Dalam paparannya Zaki menyampaikan pentingnya belajar bahasa arab. Bahasa arab sesungguhnya sudah sangat dekat dengan kehidupan keseharian kita, imbuhnya. Ia mencontohkan bagaimana penggunaan doa sehari-hari, mulai akan tidur sampai bangun tidur sesunguhnya telah akrab dengan bhasa arab. 

Dengan menguasai bahasa arab juga akan membuka peluang untuk dapat bekerja dengan baik. Selain keuntungan ekonomi, Zaki juga memaparkan strategi belajar bahasa arab dengan mudah. 

Sementara itu, Dr. Hardi Santosa, M.Pd yang selaku  dosen Magister Bimbingan dan Konseling UAD menyampaikan pentingnya menjaga minat belajar anak. Anak-anak kita hari ini telah terpapar smartphone, terutama game online. Anak terbiasa dengan layar yang menarik dan dinamis. Tantangan guru hari ini adalah kecerdasan buatan, tetapi secerdas-cerdasnya kecerdasan buatan tetap harus lebih cerdas si pembuat, yakni  manusia. 

Lebih lanjut, “Seorang pendidik mesti menggunakna beragam strategi untuk merawat minat siswa. Karena jiga guru mengajar dengan cara yang biasa-biasa saja pasti anak-anak akan cepat merasa bosan. Sebab otaknya telah terbiasa melihat tayangan yang dinamis melalui layar smartphone nya."

Dr. Hardi praktikbaik  strategi pembelajaran melalui metode sokratik dan berkisah. Metode sokratik dan berkisah ini juga mesti di dukung dengan tampilan audio visual yang menarik. 

Alhamdulillah di SBM ini sekarang telah memiliki LCD Proyektor, sehingga bisa mendukung pembelajaran yang lebih menggembirakan dan bermakna, Imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan pengabdian masyarakat skema internasional ini juga menghendaki adanya inovasi teknologi yang bersifat berkelanjutan. Ketika ditinggal oleh tim pengabdi, maka mitra tetap berdaya dan dapat melanjutkan aktivitas yang bermakna. Untuk itu, tim pengabdi skema internasional UAD setelah acara memberikan LCD proyektor sebagai media dan sarana penunjang agar pembelajaran lebih menarik.

 Agil selaku pengelola SBM Baiduri, Kepong menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada tim pengabdian internasional UAD. 

Dalam pertemuan tersebut menyampaikan keharuannya,  dosen muda dengan semangat berbagi i, memberikan ilmu bahkan mmbelikan LCD proyektor. 

Tentu ini akan bermanfaat semoga apa yang telah dilakukan UAD untuk kami dapat digunakan  dengan baik dan kami brikhtiar menjaga amanah ini dengan kesungguhan hati. (Hendra A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Endang Wihdatiningtyas, anggote Dewan Kehormatan Dewan Penyelenggar....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kupang, Nusa Tenggara Timur, menjalin kemitraa....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Suara Muhammadiyah Menyambut pesta demokrasi pemilu legislatif 2024 m....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan menggelar Panrita Ta....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

PADANG PANJANG, Suara Muhammadiyah- Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Sumatra....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah