Abdul Mu’ti: Pemilu 2024 Belum Selesai

Publish

23 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
173
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, MEd

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, MEd

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tahun 2024 bangsa Indonesia menghelat Pemilihan Umum (Pemilu). Kendati sudah dilaksanakan pada Rabu (14/2), namun dalam catatan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu’ti, MEd mengatakan bahwa Pemilu 2024 belum selesai secara final. Sebab, saat ini masih dalam proses tahapan penghitungan suara sebelum nantinya diumumkan secara resmi calon pemimpin bangsa yang terpilih.

“Sekarang masih on going process atau masih on progress. Memang ini menjadi titik yang sangat krusial dalam tahapan Pemilu, terutama bagi mereka yang menjadi calon legislatif, baik DPR, DPRD 1, DPRD 2, maupun DPD serta Calon Presiden dan Wakil Presiden,” ujarnya di Pengajian Bulanan PP Muhammadiyah dengan tema “Konsolidasi Dakwah Muhammadiyah Pasca Pemilu 2024,” Jumat (23/2).

Dengan masih berlangsungnya Pemilu 2024, Mu'ti meminta seluruh masyarakat untuk menunggu waktu sampai KPU Pusat yang akan mengumumkannya. “Sekali lagi, rangkaian Pemilu 2024 itu belum seluruhnya selesai. Kita masih harus menunggu putusan KPU yang paling lambat tanggal 20 Maret 2024 nanti akan mengumumkan hasil Pemilu,” ucapnya.

Meskipun saat ini telah muncul quick count, exit poll, dari lembaga survei, namun Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menegaskan semua itu sebagai bagian dari upaya memberikan informasi awal mengenai hasil Pemilu. Artinya bukan hasil yang resmi, sementara hasil resmi baru diumumkan langsung oleh KPU Pusat sebagai penyelenggara.

Quick count, exit poll, atau mungkin survei itu bukanlah merupakan keputusan resmi yang menjadi sebuah penanda bahkan kesimpulan Pemilu sudah selesai diselenggarakan. Bahkan misalnya KPU sudah mengumumkan hasil Pemilu sekali pun, itu juga tidak otomatis Pemilu selesai. Karena ketika ada pihak-pihak merasa keberatan hasil Pemilu, maka mereka masih bisa mengajukan berbagai proses untuk menjadikan keputusan itu sebagai keputusan final,” katanya.

Mu’ti menuturkan semua pihak harus menerima hasil Pemilu 2024 pada saat waktunya tiba. Kini, yang harus disikapi ialah menunggu dengan sabar keputusan hasil Pemilu 2024. “Semuanya jangan merasa sudah terpilih atau jangan merasa sekarang ini sudah gagal. Sekali lagi saya menekankan di awal tadi, Pemilu masih on progress dan harus bersabar sampai KPU mengumumkan hasil Pemilu secara resmi,” jelasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar kajian rutin bulanan ....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY baru-baru ini menerbi....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

BALI, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah, dalam surat keputusan hasil hisab awal Ramadhan Nomor 159/I....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Himpunan Disabilitas Muhammadiyah (HIDIMU) DPD Kab Sleman  hari&nb....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP U....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah