Baitul Arqam dan Mudzakarah Kuatkan Spirit Pembimbing Haji

Publish

23 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
213
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Sinergi KBIHU  ‘Aisyiyah bersama LPHU PDM Kota Yogyakarta 

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mendampingi jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2024, setelah sejak bulan Juli 2023 menggelar beberapa kali pengajian manasik klasikal dan juga praktek manasik, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta mengagendakan pembimbingan regu haji yang akan dimulai pada 7 Januari 2024. 

Sebagai persiapan, KBIHU ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta bersinergi bersama Lembaga Pembinaan Haji dan Umroh (LPHU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta  pada Sabtu-Ahad 16-17 Desember 2023 menggelar kegiatan Baitul Arqam dan Mudzakarah untuk Pembimbing dan Pendamping Jemaah Haji. Dilaksanakan di Agrowisata Tawangmangu Karanganyar. Peserta inti kegiatan ini adalah para  Pembimbing/Pendamping Regu Haji yang beberapa diantaranya sekaligus Para Narasumber. Juga dihadiri oleh wakil dari PDM dan PDA, juga Pimpinan dari LPHU PDM Kota Yogyakarta. 

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Ketua LPHU PDM Kota Yogyakarta, H. Imawan Wibisono, ST, MT berharap kegiatan Baitul Arqam dan Mudzakarah dapat memberikan hasil manfaat yang maksimal, agar bisa memberikan bekal terbaik bagi jemaah haji saat pelaksanaan manasik regu. “Karena yang diajarkan pada para jemaah adalah sesuai yang dituntunkan Rasulullah Saw, sebagaimana yang sudah dirumuskan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.”

 Sementara Ketua KBIHU ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta, Ir. H. Rowi Sutaryo, mengemukakan bahwa meski secara garis besar materi Mudzakarah sama, tetapi akan ada beberapa kelengkapan berdasarkan pengalaman dan dinamika berhaji di tahun 2023. Lebih lanjut Rowi menambahkan,”Dalam acara ini kita dapat menyamakan persepsi, membangun visi bersama bagaimana mempersiapkan para tamu Allah agar menjadi jemaah Haji yang mandiri.” Imbuhnya.

Sementara koordinator Team materi, Drs. H. Yusuf A. Hasan, M. Ag. dalam pengantarnya mengungkapkan, “Regu haji adalah inti jemaah haji, yang menjadi pusat dinamika berhaji baik sebelum, selama maupun setelah pelaksanaan ibadah haji,  yang akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh untuk mencapai kualitas haji mabrur. Karena itu untuk pembimbingan regu haji ini harus dipersiapkan dengan matang.” Tegasnya.

Materi Baitul Arqam disampaikan oleh H. Budi Setiawan, ST Ketua Lembaga Resiliensi Bencana (MDMC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Manifestasi Ideologi Risalah Islam Berkemajuan. (S. Intani)                                                                                                                                 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA TIMUR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Timur menyelenggaraka....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – MA muhammadiyah Al-Muttaqiin Gedangsari Gunungkidul telah re....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

KAIRO, Suara Muhammadiyah - Kedutaan Besar LBBP RI untuk Mesir, Drs. Lutfi Rauf, didampingi Sek....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ketua PDM Bantul Arbariksawan Qomaru dan Wakil Ketua Pimpinan Cabang Mu....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Agenda rotin akhir semester ganjil Pondok Pesantren Al-Mu&rsqu....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah