Dilantik Kwarpus HW, Pandu Teladan SD Muhammadiyah Condongcatur Pertama di Indonesia

Publish

2 October 2023
hw

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
478
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Ada yang istimewa dalam Upacara SD Muhammadiyah Condongcatur, Senin, 2 Oktober 2023. Sekolah berprestasi SD Muhammadiyah Condongcatur berhasil memiliki Pandu Teladan Pertama di Indonesia.

Upacara pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Pusat (Kwarpus) Hizbul Wathan Ramanda Zulbahri didampingi Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd. Turut hadir Perwakilan PWM DI Yogyakarta, Kwarwil HW DIY, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman, Majelis Dikdasmen PDM Sleman, Kwarda HW Sleman, PCM Depok, Majelis Dikdasmen PCM Depok, Kwarcab HW Depok serta para orang tua/wali Pandu Teladan.

Ketua Kwarpus Hizbul Wathan Periode 2023-2028 Ramanda Zulbahri mengaku sangat bangga dengan capaian SD Muhammadiyah Condongcatur ini.  “Alhamdulillah SD Muhamamdiyah Condongcatur menjadi Pandu Teladan pertama di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Pandu Teladan diikuti oleh peserta didik kelas 5 sebanyak 24 siswa. Proses pembentukan Pandu Teladan dimulai sejak bulan Agustus sampai dengan September 2023. Para kader tersebut telah melalui ujian serta pengumuman kelulusan pada tanggal 27 September 2023. Puncak kegiatan tersebut yaitu pelantikan Pandu Teladan di Lapangan Upacaara SD Muhammadiyah Condongcatur pada Senin, 2 Oktober 2023.

Adapun syarat yang dilalui untuk menjadi Pandu Teladan terdapat 4 tahap, diantaranya, pertama telah cakap dalam syarat kenaikan tingkat purwa, madya, dan utama. Kedua menguasai 8 syarat kecakapan pandu.

Ketiga, menguasai bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Keempat, mampu menjadi teladan dalam pasukan dan kepanduan Hizbul Wathan.

Ramanda Zulbahri berpesan agar Pandu Teladan menjadi anak panah Muhammadiyah, khususnya gerakan kepanduan Hizbul Wathan yang menjadi kader bangsa dan kader umat. Menurutnya Pandu Teladan ini merupakan cita-cita para senior HW yang selama 4 periode ini untuk melahirkan sejak Athfal, Pengenal sampai Penuntun.

"Ini menjadi kebahagiaan kami bahwa SD Muhammadiyah Condongcatur berhasil melatih anak-anak menjadi Pandu Teladan yang menjadi contoh bagi pandu-pandu yang ada di Indonesia," pungkasnya. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesehata....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Kegu....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Syafiq A Mughni, ....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Universitas Muhamma....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 60 persen atau 7,9 juta luas tanah di Indonesia mengala....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah