Ditangkap Membela Warga Rempang, Solidaritas untuk Alumni UMY Mengalir

Publish

13 September 2023
umy

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
235
Solidaritas untuk Rempang: Salah Satu Alumni UMY Ditangkap

Solidaritas untuk Rempang: Salah Satu Alumni UMY Ditangkap

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Mahasiswa baru Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Selasa, 12 September 2023 dalam acara Masa Ta’aruf (MATAF), menggelar aksi solidaritas untuk mendukung salah satu alumninya, Iswandi M. Yakob (Awi), yang ditangkap dalam rangkaian protes masyarakat Rempang, Kepulauan Riau, terhadap proyek strategis nasional Rempang Eco City. Protes ini telah berlangsung sejak 23 Agustus 2023 dan telah memunculkan ketegangan antara masyarakat lokal dan aparat keamanan.

Awi, yang juga dikenal sebagai Pak Long, adalah tokoh pemuda Melayu dari Kelurahan Stokok, Rempang dan alumni KPI FAI UMY angkatan 2000. Dia telah memimpin perjuangan untuk melindungi tanah leluhur dan martabat tanah NKRI dari upaya relokasi dan penggusuran rumah warga setempat demi proyek Rempang Eco City. Masyarakat Rempang menganggap proyek ini tidak melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan dan merasa bahwa hak-hak mereka terabaikan. 

Pada tanggal 7 September 2023, bentrokan terjadi antara warga Rempang dan aparat gabungan, seperti TNI, Polri dan BPP Batam, yang mencoba memasuki kawasan masyarakat adat untuk memasang patok tapal batas di Rempang. Akibatnya, 6 warga ditangkap, banyak masyarakat mengalami luka-luka, bahkan anak-anak sekolah terpaksa dibubarkan akibat gas air mata.

Kemudian, pada 11 September 2023, Iswandi M. Yakob alias Pak Long dan 13 aktivis lainnya diamankan oleh aparat saat mereka melakukan orasi dalam sebuah protes. Mereka diperlakukan secara kasar, ditelanjangi, disuruh jongkok, dan dimasukkan ke dalam mobil polisi yang berkerengkeng besi.

Dalam menghadapi situasi ini, Keluarga Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMY mengutuk keras segala bentuk penindasan, perampasan, dan penggusuran yang dilakukan terhadap masyarakat Rempang, Kepulauan Riau. Mereka juga menuntut pembebasan segera untuk Iswandi M. Yakob dan warga lain yang ditangkap, serta menghentikan segala bentuk tindakan represif, kriminalitas, dan pembungkaman hak berpendapat. 

Protes ini merupakan bagian dari serangkaian demonstrasi masyarakat Rempang untuk mempertahankan tanah leluhur mereka dan hak-hak mereka dalam mengambil keputusan terkait proyek Rempang Eco City. Demonstrasi ini juga mencerminkan semangat perjuangan mahasiswa dan rakyat Indonesia yang menentang kebijakan yang dianggap tidak adil dan merugikan masyarakat. (AB)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Prestasi sebagai atlet Perguruan Seni Bela Diri Tapak Suci, sekaligus ....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Kecamatan Siwalan, Drs. Sapuan s....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Program Studi Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) me....

Suara Muhammadiyah

8 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Direktur Sekolah pascasarjana Direktur Sekolah Pascasarjana Uham....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 191 calon santri baru Pondok Pesantren Kauman Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah