Dosen Bahasa Inggris Giatkan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Publish

6 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah -Tim dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Semester Ganjil 2023 dalam bentuk Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-Guru SMAM 4 Depok Jawa Barat yang dilakukan secara luring. 

Martriwati,M.Pd selaku Ketua Pelaksana Kegiatan PKM ,  didampingi oleh Dr. Burhayani,M.Pd  dan tiga mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan, “  bahwa konsep kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua bentuk kegiatan yaitu penyampaian materi terkait Apa dan mengapa KTI serta praktik pemanfaatan Artificial Intelligence dalam penulisan karya tulis ilmiah. Penyampaian materi terkait penulisan karya tulis ilmiah atau disingkat KTI dilakukan secara interaktif atau dialog langsung pada peserta sehingga terjadi pemahaman peserta terhadap pengetahuan KTI secara mendalam.” Ucapnya.

Lebih lanjut  praktik kegiatan penulisan KTI dengan memanfaatkan AI dilakukan secara kreatif dan dan berkolaborasi dengan didampingi para pemateri sebagai pengarah. Hasil kegiatan penulisan ini memunculkan kreativitas dan semangat yang tinggi untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang menarik dan sesuai dengan ketentuan ilmiah. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menghasilkan tulisan ilmiahnya dengan mudah dan berkualitas. 

Martriwati juga menyebutkan dari hasil angket yang di sebarkan, diketahui semua peserta merasakan telah mendapatkan pencerahan bagaimana menemukan ide tulisan dan menuangkan ide tersebut secara cepat dan lebih mudah dalam bentuk tulisan ilmiah. 

Harapannya kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin di SMA Muhammadiyah  4 Depok baik terkait keberlanjutan pelatihan penulisan KTI maupun kegiatan pelatihan lainnya yang dibutuhkan untuk pengembangan kompetensi guru. (Hendra A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Perkuat Ikhtiar Menjaga Amanah Kepemimpinan Periode Muktamar ke-48 2022-2027 PURWOREJO, Suara Muham....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ramadhan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan ampunan, bulan....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 650 siswa mulai dari kelas 1ABCD hingga kelas 6ABCD SD Muh....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Pimpinan Pusa....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah -  Setiap musibah memang tidak bisa ditebak kehadirannya. Sepe....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah