Edutorium UMS Disebut Venue Terbaik Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional

Publish

2 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
74
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Juri KRI UMS Prof. Dr.Eng. Drs. Benyamin Kusumaputro, M.Eng baik dalam Sumber Daya Manusia maupun fasilitas yang luar biasa. 

Benyamin Kusumaputro mengungkapkan terdapat beberapa hal yang baru pada KRI tahun 2024 ini, seperti Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) itu betul-betul baru. 

“Terkait dengan itu, UMS betul-betul sangat baik dalam mempersiapkannya, terutama karena gedung Edutorium kalau untuk kita sangat mewah. Dalam arti bahwa, suatu gedung menampung, semua divisi yang dipertandingkan dalam satu ruang dengan cukup untuk menonton dan seterusnya. Fasilitas yang lengkap seperti mushola, parkir,  dan hampir semua ruangannya sangat baik,” ungkap Ketua Dewan Juri KRI 2024 saat diwawancarai di Edutorium UMS Rabu, (1/5).

Kemudian ada satu jenis lomba yaitu Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) yang akan diadakan di Pesantren Assalam. Fasilitas itu juga bagus karena kolamnya baru, dan sangat memenuhi syarat untuk diadakan menjadi lomba robot bawah air.

“Terus terang berterima kasih, karena UMS sudah mau menjadi tuan rumah dan memberikan fasilitas yang luar biasa. Kalau untuk seleksi saat ini perlombaan wilayah dilaksanakan secara daring untuk peserta, namun panitia dan juri berada di Edutorium UMS,” ujarnya.

Sekarang sedang berlangsung tahap 2 wilayah, lanjutnya, untuk seleksi peserta yang ikut ke wilayah dengan melakukan komputasi yang di UMS juga bagus SDMnya juga bagus, sehingga hampir tidak ada kendala.

“Mari kita datang ke UMS, untuk bisa melihat secara langsung kompetisinya. Kita akan share ilmu maupun pengalaman, karena itulah hal yang paling penting dalam ajang kontes robot Indonesia,” tegas Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Rois Fatoni, ST., MSc., Ph.D menyampaikan, para juri sangat puas dan mengapresiasi UMS sebagai tuan rumah KRI 2024. 

“Alhamdulillah, para juri mengapresiasi pelaksanaan Kontes Robot di UMS. Mereka menyampaikan Edutorium UMS menjadi venue terbaik selama 23 tahun penyelenggaraan lomba,” ujar Ketua Panitia KRI 2024 itu. 

Selain menggunakan Edutorium UMS, tim panitia bekerja sama dengan Pondok Assalam dalam penyelenggaraan lomba KRBAI dengan menggunakan fasilitas kolam renang yang baru dibangun pihak Assalam. 

“Setelah koordinasi dan peninjauan, kolam renang Assalam memenuhi spesifikasi yang kita standarkan internasional,” tambah Rois.

Tak lupa, Rois Fatoni sebagai Ketua Panitia juga mengucapkan terima kasih atas Kerjasama Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), panitia lokal yang telah menunjukkan etos kerja yang sangat tinggi baik dari dosen maupun mahasiswa, dan supporting staff sehingga menghasilkan acara yang berjalan dengan lancar. (Fika/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - DPD IMM Sulawesi Selatan resmi kukuhkan pengurus LAPMA di BPSDM,....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah – Hotel SM Tower and Convention Berau bakal diresmikan besok Kamis (....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen. Pol. Dr....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse men....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - “Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” begitu kata Pra....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah