FAI UMKLA Terjunkan 135 Mahasiswa KKN, Siap Berdakwah di Masyarakat

Publish

21 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
181
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 135 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Klaten (FAI UMKLA) resmi dilepas untuk mengabdi di masyarakat. Kegiatan pelepasan dilaksanakan di halaman Kampus I FAI UMKLA pada hari Rabu (21/2). Muriyanto, M.Pd.I selaku Dekan FAI yang secara langsung dan simbolis melepas para mahasiswa KKN.

Dalam sambutannya, Muriyanto menyampaikan bahwa penting strategi dakwah hingga menjaga nama baik almamater kampus sehingga sikap baik atau buruk dalam pelaksanaan KKN tentu akan memengaruhi citra almamater dan Muhammadiyah.

“Dalam berdakwah harus bisa menyesuaikan kondisi yang ada dalam masyarakat, mengetahui karakter masyarakat, apalagi tema yang diusung tahun ini adalah dakwah yang menggembirakan generasi muda. Perlu strategi yang kreatif dan kekinian,” papar Muriyanto, Rabu (21/02/2024).

Kegiatan pelepasan KKN FAI UMKLA 2024 merupakan rangkaian puncak program pengabdian. Setelah sebelumnya para mahasiswa KKN mendapatkan arahan dan informasi terkait lokasi penempatan KKN serta serangkaian pembekalan sebelum penerjunan menuju lokasi. Penentuan lokasi KKN merupakan hasil dari koordinasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten.

Hasilnya, lokasi KKN tahun ini mengerucut kepada Kecamatan Wedi. Jika merujuk lokasi pada tahun sebelumnya kepada empat kecamatan, yakni Kebonarum, Bayat, Gantiwarno, serta Kemalang. Sementara pada tahun ini, sebanyak 12 kelompok siap diterjunkan di Kecamatan Wedi. Dari 12 kelompok tersebut, 135 mahasiswa yang berada di dalamnya terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Adapun pelaksanaan KKN tahun ini akan dilaksanakan dimulai tanggal 21 Februari-30 Maret 2024.

Muhammad Suranto, M.Pd.I selaku Ketua Pelaksana KKN tahun ini dalam wawancaranya bersama Humas berharap agar dakwah menggembirakan terhadap masyarakat mampu memberikan dampak positif sesuai dengan kebutuhan.

“Semoga kehadiran mahasiswa melalui program KKN ini diharapkan dapat meningkatkan dan menggali potensi lokal dan meningkatkan nilai-nilai religiusitas yang ada di Cabang Muhammadiyah Wedi, khususnya 12 ranting.” tutur Suranto.

Setelah secara resmi dilaksanakan pelepasan mahasiswa KKN, maka selanjutnya para mahasiswa mengikuti kegiatan pelepasan yang diadakan Gedung Dakwah Muhammadiyah Cabang Wedi. Maka setelah kegiatan tersebutlah pertanda dimulainya kegiatan KKN, yakni ketika pimpinan perguruan tinggi menyerahkan kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wedi.

KKN pada tahun ini mengusung tema, “Dakwah Menggembirakan di Kalangan Generasi Muda Muhammadiyah”. Secara umum memang program KKN STAI Muhammadiyah Klaten lebih diarahkan kepada bidang sosial-keagamaan. Nantinya, setelah serangkaian KKN lapangan selesai, kegiatan KKN masih berlanjut dengan pelaporan dan presentasi dari masing-masing kelompok serta mendapatkan tanggapan langsung dari pimpinan perguruan tinggi serta dosen pembimbing lapangan. Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan setelah libur panjang hari raya Idul Fitri.

KKN FAI UMKLA dilaksanakan dalam masa transisi penyatuan STAI Muhammadiyah Klaten untuk selanjutnya menjadi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Klaten. UMKLA begitu serius dalam mencetak pendidik unggul dengan mendayagunakan mahasiswa berperan nyata dan syiar dakwah menggembirakan di berbagai lapisan masyarakat. Saat ini UMKLA masih membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025. (Al-Faiz/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JEMBER, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 3 Jember mengadakan pelatihan Eco-Enzyme sebagai pengo....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY mengadakan Pengajian Ramadh....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  berhasil  masuk  ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menggelar ....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan hari Gizi Nasional 2024, Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah