Gerakan Ekonomi Umat dari Cabang dan Ranting Sirampog

Publish

7 May 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
261
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pengajian Akbar, Dalam rangka Halal bihalal dan Hari Bermuhammadiyah, Pimpinan Cabang Sirampog menggelar pengajian Akbar di Lapangan sepakbola Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kaliloka, Ahad (5/5/2024). Hadir sebagai penceramah yaitu Buya Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Ekonomi, UMKM dan Pemberdayaan Masyarakat.

Hadir juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kabupaten Brebes, anggota DPRD Kabupaten Brebes, Fokrompimcam Sirampog, Pleno PCM, PCA, PCNA dan PCPM Sirampog, Kepala Desa Kaliloka dan Seluruh Pimpinan Ranting dan Warga Muhammadiyah Se-Kecamatan Sirampog.

Sebelum acara inti, diadakan pra acara dengan penampilan  baik dari siswa-siswi TK maupun Madrasah Diniyah. Ditengah acara ada penampilan dari Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimpinan Cabang Sirampog. Yang sangat apik dan memukau para pengunjung.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kaliloka Khanafi, S.Ag. menyampaikan selamat datang di PRM tertua di Cabang Sirampog, akan tetapi sekalipun cabang tertua tapi belum memiliki AUM yang besar, karena saat ini baru membangun Madin dan kedepan akan membangun Gedung TK ABA.

“Namun semangat warga Muhammadiyah di Ranting Kaliloka, sangat luar biasa dengan bukti pengadaan lapangan sepakbola, yang kita tempati saat sekarang ini yaitu bukti swadaya masyarakat dukuh kaliloka, yang bemimpi memiliki lapangan untuk kegiatan yang sifatnya akbar, “ katanya.

Sambutan lain disampaikan oleh kepala desa kaliloka Nanang Khakim, S.H dan Camat Sirampog yaitu Slamet Budi Raharjo, S.IP yang termasuk baru bertugas di Kecamatan SIrampoh pertanggal 1 April 2024. Dalam sambutan perkenalan beliau menyampaikan bahwa umaro atau pemerintah membutuhkan ulama dalam merealisasikan programnya, sehingga harus ada kerjasama yang baik dan intens.

“Oleh karena itu, dimomen yang baik ini sebagai ajang halal bihalal juga, meminta agar momen ini terus berlanjut ditengah-tengah masyarakat dibulan-bulan yang lain, dengan kita senantiasa berma’af-ma’afan, intropkesi diri dan saling merasa bersalah sehingga kita betul-betul akan menjadi pemenang, dengan kita terus berbuat kebaikan di pasca Ramadan,” paparnya.

Hadir juga M. Taip Subandi, S.Pd.I. selaku pleno PDM Brebes, berpesan agar kita menjadi warga Muhammadiyah yang sesungguhnya dengan tunduk dan patuh, menjalankan tata aturan yang sudah diatur oleh organisasi baik melalui AD ART atau manhaj Muhammadiyah, loyal dengan Muhammadiyah bagian penting yang harus dilakukan.

Pada kesempatan ini juga beliau menyampaikan permohonan ma’af karena Ketua PDM tidak bisa hadir, mengingat sedang melepas calon jama’ah haji KBIHU Arofah yang akan berangkat di tanggal 17 Mei 2024 nanti, dan meminta warga Muhammadiyah cabang sirampog untuk sama-sama ke lokasi pemberangkatan yang berada di Masjid H. Arman Thoyfuri dijalan lingkar Bumiayu.

Selanjutnya Buya Anwar Abbas menyampaikan pentingnya membangun ekonomi ummat dilingkungan Muhammadiyah, Muhammadiyah cabang Sirampog harus berani mecetak kader yang bermental pengusaha, bukan bermental pegawai, karena Muhammadiyah kedepan harus terjun ke dunia ekonomi dan bisnis, sehingga AUM yang ada nantinya bukan sekedar nirlaba akan tetapi menghasilkan profit, dan itu Muhammadiyah akan semakin kaya.

“Misalkan pada kesempatan pengajian kali ini ada launching produk dari Majelis Ekonomi Kewirausahaan (MEK) PCM Sirampog yaitu produk cuci piring, sabun dan pel yang diberi nama ok clean. Jika ini dikembangkan dan didukung oleh seluruh warga Muhammadiyah maka keuntungan untuk Muhammadiyah akan semakin besar. Saya optimis Muhammadiyah akan semakian kaya dan berkembang khusunya di Cabang sirampog,” tuturnya.

Yang lebih menarik dan bagian dari motivasi pada pengajian kali ini yaitu diadakan ikrar wakaf untuk pembangunan Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Sirampog, yang rencananya akan menghabiskan dana kurang lebih 500 juta. Alhamdulillah terkumpul dana pada pengajian hari ini sebesar 38 juta dan 100 sak semen dan semoga ini akan semakin bertambah. (Azmi - Lukman) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah berjuang menghadapi Sumatif Akhir Semester (SAS) semes....

Suara Muhammadiyah

15 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Solo menggelar ....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Tanggal 29 Maret 2024, Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insan....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menerima Tim Visitasi dal....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Mendapat undangan by WA oleh pimpinan ranting desa Cibadak atas rekomend....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah