Guru Tidak Boleh Alergi dengan Kemajuan Teknologi

Publish

17 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
117
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kemajuan teknologi dan informasi dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Maka dari itu Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) Prof. Dr. Iswan, M.Si., menegaskan agar para guru tidak alergi dengan teknologi informasi.

“Kita tidak boleh alergi dengan perkembangan teknologi, ini penting karena dunia teknologi sangat menarik ketika diimplementasikan di ruang kelas,” tegas Iswan.

Hal itu ditegaskan saat menyampaikan keynote speech dalam seminar Tadabur Digital yang digelar oleh Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPI PDM) Tangerang Selatan di Auditorium FIP UMJ, Jumat (15/03/2024).

Saat ini Iswan melihat sudah banyak model-model pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi, misalnya virtual reality. Guru harus bisa beradaptasi dan ada kemauan untuk selalu belajar hal baru dari perkembangan zaman.

Selain penting karena dapat membantu model pembelajaran di sekolah, para guru juga harus mengimbangi pengetahuan generasi terkini agar dapat mendidik dengan tepat. Iswan berharap para guru dapat mengikuti dengan seksama agar bisa mengambil manfaat untuk bekal keprofesian.

Senada dengan Iswan, Ketua PDM Kota Tangerang Selatan Dr. Muhtarom, SE., MM., mengakui bahwa perkembangan zaman menuntut adanya penggunaan perangkat berbasis teknologi informasi. Oleh karenanya ia mengarahkan agar para guru tidak menolak perubahan sebab di dunia pendidikan teknologi digunakan sebagai media pembelajaran.

Sistem pendidikan yang kini dapat dilakukan dengan metode campuran yaitu daring dan luring menuntut pendidik memiliki kecerdasan dan kemampuan dalam hal teknologi dan informasi. Maka program Tadabur Digital dapat membantu para guru di lingkungan Muhammadiyah meningkatkan literasi digital.

Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Kapasitas Digitalisasi Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Muhammadiyah” disebut Muhtarom sebagai program yang pertama kali bagi Muhammadiyah di Tangsel.

Program ini terlaksana atas kerja sama MPI PDM Tangsel dengan Dikdasmen PDM Tangsel. Pada kesempatan itu Sekretaris Dikdasmen Fathor Rohman, M.Ag., menekankan pada para guru yang merupakan peserta agar mengikuti pelatihan hingga tuntas.

Menurutnya program ini menjadi momen untuk melakukan internalisasi dan mengkonsep yaitu merekayasa kembali pembelajaran efektif dengan bantuan perangkat teknologi informasi.

Berdasarkan laporan Ketua MPI PDM Tangsel Asep Rahman Umbara, M.I.Kom., pelatihan Tadabur Digital ini diikuti oleh 52 guru di lingkungan Muhammadiyah se Tangerang Raya yaitu Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Lebih lanjut, Asep menerangkan bahwa program itu bagian dari ikhtiar MPI PDM Tangsel yang juga didukung oleh Dikdasmen PDM Tangsel dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan guru-guru di lingkungan Muhammadiyah.

Pelatihan ini diawali dengan seminar yang menghadirkan Pendiri Drone Emprit yang juga Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah Ismail Fahmi, Ph.D., dan Anggota MPI PDM Tangsel Deni Muliya Barus, M.I.Kom.

Para peserta mengikuti rangkaian pelatihan hingga Sabtu (16/03/2024) bersama narasumber berkompeten yaitu dosen Universitas Multimedia Nusantara Dr. Dani M. Akhyar, ST., M.Si., Praktisi Pendidikan Digital Dra. Jetty Maynur, M.Pd., Praktisi Digital yang juga MPI PP Muhammadiyah Dr. Rulli Nasrullah, M.Si.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Keguruan dan Ilmu K....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Industri Fakultas Teknik Univers....

Suara Muhammadiyah

15 May 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus kembali menyelengggarakan upacara sumpah ....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

TELUK KUANTAN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Cabang ke-16 Muhammadiyah, Aisyiyah dan Nasyiyatul Ai....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah