KLATEN, Suara Muhammadiyah - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) bekerja sama dengan Pinasthika Creativestival menyelenggarakan seminar kreatif bertema “How to Start Career in The Creative Advertising Industries” secara daring, Kamis (9/10).
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber dari Volare Advertising Network, yakni Suci Rachmawati (Senior HR Manager) dan Pixarani Noorsavitri (Senior Marcom Specialist). Seminar diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UMKLA.
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMKLA, Dani Kurniawan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara kampus dengan Pinasthika.“Alhamdulillah seminar kreatif berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang digital advertising, mulai dari model bisnis, peluang karier di agensi, hingga pengembangan soft skill,” ujarnya.
Dalam pemaparannya, Suci Rachmawati menjelaskan tiga keterampilan penting yang harus dimiliki untuk berkarier di industri kreatif, yaitu adaptability, communication, dan collaboration.
“Adaptability berarti mahasiswa harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ekosistem agar tetap bertahan dan berkembang. Communication menuntut mahasiswa untuk proaktif berinteraksi dengan berbagai latar belakang. Sedangkan collaboration mengajarkan pentingnya bekerja sama dengan siapa pun demi mencapai tujuan positif,” jelasnya.
Sementara itu, Pixarani Noorsavitri menambahkan bahwa lulusan Public Relations (PR) memiliki peluang karier yang luas.“Lulusan PR bisa berkarier di berbagai bidang seperti Corporate PR, Agency PR, Government PR, NGO PR, Digital PR, serta Event dan Activation,” paparnya.
Salah satu peserta seminar, Rudi Harjanto, mengaku mendapatkan banyak wawasan baru dari kegiatan ini.
“Seminar kreatif ini bermanfaat karena memberikan gambaran karier di industri kreatif. Kami jadi tahu pentingnya mengasah soft skill, memperkaya portofolio, dan menyiapkan kemampuan agar siap bersaing di dunia kerja,” ungkapnya.
Melalui kegiatan ini, Prodi Ilmu Komunikasi UMKLA berharap mahasiswa semakin siap menghadapi tantangan dunia industri kreatif dan mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital.