Inovasi Mahasiswa PGSD UM Kupang Manfaatkan Daun Lontar

Publish

9 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
502
UM Kupang

UM Kupang

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa KKndik terintegrasi Kegiatan MBKM Bina Desa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang memamerkan hasil karya Tempat sampah yang terbuat dari anyaman daun lontar.pada 08/09/2023

MBKM Bina Desa adalah salah satu bentuk program MBKM yang memfokuskan pada pengabdian kepada masyarakat desa, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat tersebut serta memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa dalam konteks kehidupan nyata. 

Program ini bertujuan untuk menciptakan keterpaduan antara pendidikan tinggi dan masyarakat, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan di perguruan tinggi dalam situasi dunia nyata dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pada kegiatan menyongsong ulang tahun ke 55 Desa Uitiuh Tuan Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang, NTT,” apresiasi diberikan oleh pihak desa kepada Mahasiswa  peserta KKNdik, kerena sudah mampu mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Diantaranya Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, tentang nilai-nilai kearifan lokal, sejarah, dan tradisi budaya NTT. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan non-formal

Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mempertahankan tradisi mereka sendiri. Ini dapat dilakukan melalui pembentukan kelompok budaya, organisasi masyarakat, atau lembaga yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan kearifan lokal.

Lebih lanjut Ketua Program Studi PGSD UMK, Uslan,S.Pd.,M.Si. memberikan apresiasi kepada para mahasiswa bahwasanya mahasiswa sudah mampu mengimplementasikan Ilmu dimasyarakat sesuai dengan visi keilmuan sebagai penciri Program Studi yakni Local Genius Nusa Tenggara Timur. Dengan harapan melalui Program Studi ini mungkin menjalin kemitraan aktif dengan komunitas-komunitas lokal di NTT untuk memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang budaya dan kearifan lokal serta berkontribusi pada pelestariannya. (Hendra Apriyadi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertepatan Milad ke-74 SMA Muhi dilaksanakan acara sarasehan d....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu P....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Bertepatan acara Pawai Kreatif pada hari terakhir semarak milad Muhammad....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr.....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya membangun sebuah bangsa yang berkeadaban, perlu adanya ....

Suara Muhammadiyah

1 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah