Jalan Baru Moderasi Beragama, Muhammadiyah Sulsel Bedah Buku Haedar Nashir

Publish

6 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
114
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan (MPI PWM Sulsel) menyelenggarakan diskusi buku dengan judul "Jalan Baru Moderasi Keindonesiaan (Mensyukuri 66 Tahun Haedar Nashir)". Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (6/4/) di Red Corner Cafe. Acara ini turut disiarkan langsung oleh TVMu.

Diskusi ini menghadirkan beberapa narasumber yakni Ketua Komisi VIII DPR RI Dr Ashabul Kahfi dan Prof Dr Irwan Akib selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Hadir pula dua penulis atau kontributor dalam buku tersebut, yakni Dr Andi Afdal Abdullah yang merupakan Direktur BPJS Kesehatan RI, serta Abdul Azis PhD, dosen IAIN Bone.

Ketua MPI PWM Sulsel Hadisaputra, mengungkapkan bahwa buku tersebut membahas pemikiran Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir mengenai moderasi beragama dan keindonesiaan, pentingnya pemahaman Islam yang moderat dan serta nilai-nilai moderasi, toleransi, dan kemajuan dalam kehidupan beragama dan berbangsa.

"Buku ini membahas peran serta kontribusi Muhammadiyah dalam dialog kebangsaan dan keagamaan di Indonesia, sekaligus menawarkan perspektif baru terkait moderasi beragama sebagai dasar untuk menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif," ujar Hadi

Ia menambahkan, bahwa Haedar Nashir kerap mengkritik pandangan yang menganggap moderasi beragama hanya sebagai bagian dari agenda deradikalisasi. "Pak Haedar menegaskan pentingnya pemahaman tentang moderasi yang sejati, yang melampaui interpretasi sempit dan mengakui keragaman dalam pemikiran Islam," ujar Hadi, yang juga Dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar.

Menurutnya, diskusi buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai moderasi, toleransi, dan mendorong Eros berkemajuan dalam beragama dan berbangsa. Selain itu, diharapkan diskusi ini dapat menjadi sarana untuk mendalami dan menyebarkan pemikiran Prof Dr Haedar Nashir yang relevan dengan tantangan zaman, serta mendorong dialog keagamaan yang konstruktif.

"Muhammadiyah Studies Talks" terus berkomitmen menghadirkan diskusi seputar gagasan-gagasan organisasi dan tokoh Muhammadiyah dalam merespon isu-isu aktual terkait Islam, kebangsaan, dan tantangan sosial kontemporer. Kali ini diskusi tersebut merupakan episode keempat, setelah digagas sejak awal tahun 2024. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -- Ketua Bidang Dakwah Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Nur Arina H....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 45 taruna-taruni dari SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban berangka....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah melakukan langkah konkret membantu rakyat P....

Suara Muhammadiyah

1 November 2023

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah – Berita gembira datang dari dosen Pendidikan Khusus Universitas M....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah - Tim Varch dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah