Kembali Dilantik, Muchlas Lanjutkan Amanah sebagai Rektor UAD 2023-2027

Publish

9 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
274
Pelantikan Rektor UAD Yogyakarta periode 2023-2027 Prof Dr Muchlas, MT

Pelantikan Rektor UAD Yogyakarta periode 2023-2027 Prof Dr Muchlas, MT

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah kembali melantik Prof Dr Muchlas, MT sebagai Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) periode jabatan 2023-2027. Pelantikan yang dilakukan di Amphitheater Kampus 4 Terpadu UAD pada Senin (9/10) turut dihadiri oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Dr Bambang Setiadji, MSi, Kepala LLDikti wilayah V Prof drh Aris Junaidi, PhD serta Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi.

Muchlas sebagai Rektor terpilih menegaskan sejumlah agenda penguatan yang akan dilakukan selama empat tahun ke depan. Salah satunya, UAD akan terus meneguhkan dirinya sebagai perguruan tinggi yang di antaranya memiliki fungsi dakwah juga kaderisasi. Agenda kaderisasi untuk dosen dan pegawai juga mahasiswa diharapkan dapat dilakukan secara rutin. Keterlibatan dosen serta tenaga pendidik di dalam kegiatan-kegiatan cabang maupun ranting diharapkan terus meningkat.

Ke depan, UAD juga akan terus mendorong peningkatan jabatan juga kualifikasi dan kompetensi akademik para dosen. Saat ini, UAD memiliki 63 Lektor Kepala dan 31 Guru besar. Sedangkan dalam hal kualifikasi dan kompetensi, UAD saat ini telah memiliki 209 dosen dengan pendidikan doktor yang diharapkan meningkat menjadi 412 dosen bergelar doktor pada 2027.

“Dengan program pembinaan yang intensif, dalam empat tahun ke depan diharapkan UAD mampu memiliki 135 lektor kepala dan 79 guru besar,” harap Muchlas.


Meskipun tengah menghadapi berbagai tantangan khususnya dalam serapan jumlah mahasiswa yang juga dihadapi oleh perguruan tinggi swasta lainnya, Muchlas optimis dengan melakukan berbagai strategi sosialisasi dan promosi yang strategis, pada 2027 UAD diharapkan menyerap sejumlah 8000 mahasiswa baru.

Hal tersebut tentunya dibarengi dengan peningkatan kualitas akreditasi program studi yang ada di lingkungan UAD. Termasuk memperluas jangkauan UAD dengan menambah jumlah Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di kota-kota yang dianggap potensial.

“Sehingga, kolaborasi seluruh civitas akademika akan terus diupayakan dalam menyukseskan penerimaan mahasiswa di tahun-tahun mendatang.”

Dalam upaya tersebut, UAD senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat dengan terus mempertahankan berbagai prestasi akademik dan non akademik mahasiswa yang telah diraih. Saat ini, prestasi UAD di lingkup Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menduduki posisi ke-15 sedangkan di lingkungan PTS dan PTMA UAD kini menduduki posisi ke-2.

“Harapannya, pada 2027 capaian prestasi akademik dapat mengalami peningkatan sebanyak 55 persen dan 30 persen untuk prestasi akademik,” lanjut Muchlas.

Dirinya juga berharap di masa kepemimpinannya yang kedua ini, jumlah kerjasama yang dibangun antara UAD dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri dapat terus meningkat, termasuk dalam hal implementasi program. Harapan yang sama juga dilontarkan Muchlas dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat.

UAD yang saat ini telah berada dalam klaster mandiri telah memiliki 550 judul penelitian yang didanai, dan diharapkan mencapai 630 judul penelitian pada 2027. Sedangkan aktivitas pengabdian masyarakat, saat ini UAD telah memiliki 307 kegiatan dan diharapkan meningkat menjadi 326 pengabdian masyarakat pada 2027. Dalam jumlah paten yang dimiliki, UAD juga tercatat sebagai PTM dengan jumlah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak.

“Banyak penghargaan yang telah diraih UAD terkait pengelolaan HKI. Di lingkungan PTMA sendiri UAD menjadi kampus dengan jumlah HKI terbanyak. Ini harus terus dijaga dan ditingkatkan di tahun-tahun selanjutnya.”

Muchlas menandaskan bahwa di masa kepemimpinan ini, dirinya akan terus mempertahankan prinsip-prinsip pengelolaan perguruan tinggi yang baik atau yang disebut dengan good university governance.

“Prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan efisien dan efektif dalam pendanaan akan terus ditingkatkan,” tandas Muchlas. (Th)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok melaksanakan Baitul Arqom ....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Mendapat jadwal visitasi penilaian Muhammadiyah Future School (MFS), ....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Pada akhir tahun 2023 UPT Perpustakaan UM Bandung memberikan rew....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa Hari Raya....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah