Khutbah Jum'at: Potensi Manusia

Publish

15 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
2640
Sumber gamba: pixabay

Sumber gamba: pixabay

Oleh: Djumroni, M.Pd

Anggota LPHU PDM Sleman

اْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

 Marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dengan selalu ber syukur kepada Allah SWT atas niknat dan karunia yang selalu mengalir telah diberikan kepada kita dalam proses hidup sehingga dapat melaksanakan ibadah jum’at di Masjid yang kita gunakan untuk kegiatan ibadah Jum’at saat ini.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi dan Rasul Muhammad SAW. Semoga kaum muslimin dapat menjalankan apa yang dicontohkan beliau semasa hidupnya.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Manusia adalah makluk yang berpotensi untuk dapat dididik secara baik dan berkelanjutan karena memiliki akal yang sehat, serta memiliki tubuh yang sempurna seperti firman Allah dalam Al Qur’an Surat At Tiin ayat 4

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."

Potensi moral yang ini merupakan karunia Allah yang diberikan kepada manusia yang memiliki akal yang sehat, seta diciptakan oleh Allah semestinya memiliki hati nurani sehingga fitrahnya selalu berbuat kebaikan.

Manusia lahir didunia belum bisa apa-apa meskipun diberikan modal akal, indera, hati. Selanjutnya dengan interaksi dengan lingkungan sedikit demi sedikit dapat mentranfer informasi-informasi pengetahuan Allah menegaskan dalam Al Qur’an Surat An Na-Nahl ayat 78

 “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupundan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”

Pada ayat ini apa yang ditangkap oleh indra manusia khususnya pendengaran (assam), dan penglihatan (al-absar), dipahami dan dicamkan oleh hati nurani merupakan hasil belajar yang didapat manusia dalam kehidupan mausia

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Potensi manusia yang dibawa sejak lahir perlu diaktualisasikan dan dioptimalkan agar sumber daya manusia tampil dengan kinerja yang baik seperti : potensi spiritual, potensi intelektual, poteni sosial dan potensi jasmaniah Potensi spiritual telah tejadi sejak manusia berada di Perut sang ibu hal ini telah dijelaskan dalam Al Qu’an Surat Al-A’rof ayat 172

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

Manusia diberikan potensi intelektual fungsinya untuk berfikir, mengambil keputusan, dan berkarya secara kreatif dalam kehidupan agar berbudaya melebihi sifat naluriyah seperti pada hewan. Nabi Adam dapat menyebutkan nama nama benda disekelilingnya sebagai tanda kecerdasan yang dimiliki, hal ini tidak mampu dilakukan malaikat sekalipun ketika itu sebagaimana tergambar pada rangkaian penciptaan.

Dengan potensial intelektual manusia dapat mengetahui, memahami, dan memanfaatkan berbagai hal dalam lingkungannya untuk memudahkan dan meningkatkan kehidupannya, sehingga bermanfaat bagi kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat dan dunia pada umumnya.

Pernyataan Allah dalam Al Qur’an Surat Al ‘Araf ayat 179: "Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.”

Sementara poensi perkembangan jasmani atau jasmaniah merupakan potensi yang harus dikembangkan melalui pemberian asupan makanan dan minuman yang halal dan baik (sehat bergizi). Dengan makanan yang halal dan bergizi diarapkan manusia tumbuh dan berkembang secara sempurna dan sehat secara fisik dan mental (jasmani dan rohani)

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Kualitas hidup manusia sangat ditentukan oleh kuwalitas jasmani dan rohani. Keduanya menjalin sinergi yang membangun kehidupan secara dinamis tahab demi tahab. Semoga kita diberikan sehat jasmani dan rohani dan diberikan akal yang sehat.

بَارَكَ اللَّهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتُهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

Khutbah Kedua

اْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

اْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِميْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ والْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ فَيَاقَاضِيَ الْحَاجَاتِ.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ عِلْمًا نَفِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Sumber: Majalah SM Edisi 02 Tahun 2024


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Khutbah

Oleh: Syaifullah  اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَكْرَمَ مَن....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Khutbah

Khutbah Maulid Meneladani Jejak Hidup Nabi Oleh: Cristoffer Veron P إِنَّ الْحَمْد....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Khutbah

Khutbah Jum'at Perintah Berpikir Oleh: Ihsan Nursidik إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Khutbah

Oleh: Wahjudin Anggota PRM Podosari Kesesi Pekalongan اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّ....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Khutbah

Oleh: Safwannur, MPd Alumnus Ponpes Ihyaaussunnah Lhokseumawe, Aceh dan Pendidikan Ulama Tarjih Muh....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah