Kisah Amalia Irfani Lulusan Doktor Sosiologi UMM, Lulus IPK  4.00 dan Hasilkan Ratusan Tulisan

Publish

6 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
629
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MALANG, Suara Muhammadiyah - Memilih aktif dan bermanfaat dengan menghasilkan karya merupakan pilihan sekaligus panggilan hati. Terlebih menempuh pendidikan strata tiga yang menuntut analisa mendalam, maka  penting mengamati fenomena dan menyoroti dalam frame teori agar mampu memberikan solusi.

Demikian uraian Amalia Irfani saat diwawancarai tentang motivasi menulis.  Sejak berstatus sebagai mahasiswa doktor Sosiologi UMM dengan rentang waktu dua tahun.  Amalia  mampu menulis 160an opini ditengah kesibukan kuliah dan terbit di media cetak dan online. Opini tersebut ia bukukan setebal 450 halaman  dengan judul "Amaliah berMuhammadiyah".  Baginya kesempatan tidak datang untuk kedua kali dengan semangat yang sama, selain komitmen untuk bisa lulus tepat waktu namun dengan hasil memuaskan. Ia pun dijuluki sebagai mahasiswa doktor UMM terproduktif menulis opini selama berstatus sebagai mahasiswa.

Amalia Irfani yang sehari-hari  bertugas di IAIN Pontianak, dan aktif di organisasi perempuan 'Aisyiyah Kalimantan Barat,  menceritakan ide menulis banyak ia dapat saat mengikuti perkuliahan aktif dua semester secara virtual melalui room zoom cloud meeting, mengikuti kuliah tamu/pakar yang diadakan Pascasarjana UMM, saat mewawancarai subjek dan informan penelitian, atau saat menonton televisi atau channel tertentu di YouTube. Menurutnya ide menulis itu sebenarnya banyak dan ada disekitar kita, hanya saja tidak semua dapat dikisahkan dalam bentuk tulisan jika kita malas atau enggan menggali. Menulis adalah bercerita tentang situasi, menjelaskan fenomena sosial melalui narasi, dan memberikan konklusi atau rekomendasi jika tulisan tersebut adalah opini, dan akhirnya bermanfaat.

Melalui judul penelitian disertasi Gerakan Sosial Pendidikan Muhammadiyah di Kalimantan Barat. Amalia berharap penelitian ini dapat dijadikan rekam jejak perjuangan Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan dengan mainstream berkemajuan dalam memberikan kemanfaatan kepada ummat dan bangsa. Maka bangga menjadi bagian dari perubahan adalah wujud keikhlasan yang ada di sanubari para kader militan Muhammadiyah.

Penelitian yang disebut Prof. Dr. Syamsul Arifin, Wakil Rektor I bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Malang, sebagai penelitian untuk menegaskan geliat Muhammadiyah, mengantarkan Amalia Irfani sebagai lulusan tercepat, terbaik dengan IPK 4.00 dengan waktu studi 2 tahun 6 bulan.  (ad)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Mengawali tahun 2024 Lembaga Seni Budaya PDM Gunungkidul yang dike....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Dr. Aslam Nur. MA resm....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

Kerjasama dengan PMI Sleman dan Unisa Yogyakarta YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Keselamatan dan K....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima tim verifikasi b....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus bergerak dalam pemb....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah