KKN MAs, Ajang Penguatan Soft Skill Mahasiswa PTMA

Publish

12 September 2023
ums

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
258
KKN MAs

KKN MAs

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof., Dr., Sofyan Anif., M.Si., melakukan visitasi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah dan Aisyiah yang sedang lakukan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs), yang berlangsung di Universitas Muhammdiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel). Didampingi oleh Sekretaris Rektor UMS, Prof., Dr., Anam Sutopo., M.Hum., serta Wakil Rektor III, Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D, Ahad (10/9).

Kegiatan KKN MAs Tahun 2023 dengan tema “Penguatan Eduecotourism Berbasis Teknologi untuk Mendukung Konservasi Lingkungan di Bumi Serumpun Sebalai”, ini merupakan Program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammdiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) dan Panitia Pusat KKN MAs , yang berkomitmen dalam menjalankan Catur Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Adapun kegiatan KKN MAs tahun 2023 dengan total mahasiswa sejumlah 753 peserta dari 47 Perguruan Tinggi Muhammdiyah dan Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia. Di mana, UMS mengirimkan 29 Mahasiswanya.

Prof., Anam yang ditemui pada Senin (11/9) mengungkapkan terdapat 5 Kabupaten sebaran Mahasiswa KKN MAs, meliputi Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur. Dia juga menjelaskan tujuan kegiatan ini merupakan ajang penguatan soft skill dan mahasiswa dapat menguatkan fungsinya sebagai kader Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Kita berharap KKN MAs ini menjadi ajang penguatan soft skill, dan jauh lebih dari itu Mahasiswa dapat melakukan fungsinya sebagai Kader Muhammadiyah dan Aisyiyah di Masyarakat,” jelas Prof. Anam.

Dia menyebutkan bahwa 753 Mahasiswa peserta KKN MAs mulai diterjunkan pada 1 Agustus s.d 11 September 2023 ke Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Bangka Selatan, kemudian pada 4 Agustus - 14 September ke Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. 

Prof., Sofyan selaku Pembina KKN MAs menyampaikan wejangan kepada Mahasiswa peserta, bahwa program KKN MAs ini sebagai salah satu program andalan Muhammadiyah dalam membumikan dakwah melalui pengabdian kepada Masyarakat.

“Saya menegaskan bahwa KKN MAs sebagai salah satu program andalan Muhammadiyah dalam membumikan dakwah melalui skema mahasiswa,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaanya,  mahasiswa banyak berbaur dalam lingkungan masyarakat, tidak saja merasakan kehidupan bermasyarakat secara nyata tetapi juga sebagai kader Muhammadiyah yang melakukan dakwah berkemajuan dalam garis-garis persyarikatan Muhammadiyah. (Eva)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Koordinator Pemberdayaan Masjid Lembaga Pengembangan Cabang - Ranting....

Suara Muhammadiyah

18 July 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Program 'Bilik Literasi Rabu Krama' dari tim Program Kreativitas Mahasisw....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

REMBANG, Suara Muhammadiyah - Memasuki musim hujan, Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Daerah M....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah mengawal pelaksanaan Pemilu substantif dan inklusif, &lsquo....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Dewan Pers memberi apresiasi pada gagasan jurnalisme profetik ya....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah