LBSO PWA Sumut Gelar Wakaf Buku dan Penguatan Literasi

Publish

29 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
78
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara melalui Lembaga Budaya, Seni dan Olahraga (LBSO) menggelar kegiatan “Wakaf Buku dan kegiatan Literasi”. Kegiatan LBSO ini dilakukan bekerjasama dengan KISAH (Komunitas Syiar Nabawiyah). Kegiatan berlangsung Rabu (27/3) di MIS Aisyiyah,  Jalan Mesjid No.8-6, Bandar Khalifah, Percut Sei Tuan. Kegiatan ini menandai awal gerak program literasi LBSO PWA Sumut.

Ketua LBSO PW Sumut, Nurul Fazrika,M.Pd. menyatakan kegiatan literasi merupakan salah satu program kerja LBSO yaitu penguatan budaya literasi  sebagai staretgi dakwah. Maka Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan minat baca bagi anak dan menambah kecintaan anak akan budaya literasi terutama budaya membaca serta meningkatkan keterampilan membaca pada anak.

Kegiatan literasi ini nantinya akan terus dilaksanakan di sekolah-sekolah, baik ditingkat sekolah TK, SD, maupun jenjang pendidikan dasar dan menengah lainnya.  Muatan dari kegiatan ini berupa wakaf buku, eksperimen, games, story telling, dan ditutup dengan berbagi hadiah dan cendramata kepada seluruh siswa yang hadir. Disela-sela kegiatan diberikan juga hadiah kepada beberapa orang siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari materi yang disampaikan.

Buku yang diwakafkan kepada MIS ‘Aisyiyah Wilayah Sumut, merupakan buku premium yang dapat menambah khasanah dan wawasan bagi anak, dengan gambar dan warna yang menarik, terdiri dari 24 Kisah Para Sahabat Nabi serta permainan edukasis puzzle 4 dimensi yang berhubungan dengan kisah dari buku yang diwakafkan.

Kegiatgan diikuti oleh 60 orang siswa MIS kelas 5, acara berjalan dengan sukses dan lancara , walau dilaksnakan pada bulan Ramdahan namun antusias anak-anak mengkuti anak sangat ceria.

Harapan dari kegiatan literasi ini nantinya, akan membantu anak dalam mengasah kemampuan, menangkap dan memahami informasi dari bacaan, mengasah kemampuan menulis dan merangkai kata dengan lebih baik. Sedangkan kegiatan ekperimen dan games yang dilakukan bertujuan untuk mengasah kemampuan anak dalam berpikir kritis, bekerjasama, berani tampil dan mampu mengambil keputusan.

Literasi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh anak untuk masa depan. Karena kemampuan literasi yang baik memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pelayanan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Mu....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan w....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gowa kembali menerjunkan 48 ....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kekalapan Israel, paling tidak semenjak Oktober 2023 yang lalu, memang....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula SMP Muhammadiyah Plus Cimanggu yang berintegrasi den....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah