LPPM UMMAD Lakukan Pembekalan KKN Perdana

Publish

16 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
200
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Muhammadiyah Madiun (LPPM UMMAD) melaksanakan pembekalan kuliah kerja nyata (KKN) kepada mahasiswa UMMAD, Kamis, 16 November 2023.
Pembekalan dilakukan Kepala LPPM UMMAD, Prof. Ir. Sardjito, M.Si., Ph.D., serta mengundang mitra KKN yaitu KPU kabupaten/kota Madiun, Kabupaten Magetan, serta Kabupaten Ponorogo 

Sebanyak 66 mahasiswa semester VII akan mengikuti KKN untuk pertama kali digelar UMMAD sejak berdiri pada tahun 2020 dengan paling banyak berasal dari mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi sebanyak 20 orang.
Kemudian Prodi Administrasi Kesehatan ada 19 mahasiswa, Prodi Kesejahteraan Sosial (Kesos) ada 16 Mahasiswa, Prodi Ilmu Lingkungan ada 6 mahasiswa dan 5 mahasiswa dari Prodi Aktuaria.

Kepala LPPM UMMAD, Prof. Ir. Sardjito, M.Si., menerangkan, KKN UMMAD yang pertama kali dilakukan UMMAD ini dilaksanakan dengan tidak berbayar.

Sehingga LPPM UMMAD berusaha mencari materi KKN yang dapat mendukung praktek KKN yang tidak berbayar.

Sehingga LPPM UMMAD menjalin kerjasama dengan mitra dari KPU di Madiun maupun luar Madiun untuk mengikut sertakan mahasiswa KKN UMMAD menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.

“Secara pendanaan bisa diberikan oleh mitra dalam hal ini KPU yang diajak bekerjasama oleh LPPM UMMAD,” kata Prof. Sardjito.
Bagi mahasiswa yang mengikuti KKN ini dapat memperdalam pengertian, pengalaman mereka mengenai cara berfikir dan bekerja interdisipliner dan lintas sektoral. 
“Mendewasakan pola pikir mahasiswa dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah/kasus yang ada secara pragmatis ilmiah,” kata Prof. Sardjit
Sementara itu, Rohaini Hidayat, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SUmber Daya Manusia KPU Kota Madiun menyampaikan apresiasi terhadap UMMAD yang melaksanakan KKN yagng fokus pada pelaksanaan Pemilu dengan menggandeng mitra KPU.
Menurut Rohaini Hidayat, kebutuhan SDM penyelenggaraan Pemilu di tingkat bawah atau kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) itu sangat banyak. 
Rohaini menambahkan, jumlah TPS di Kota Madiun mencapai 575 dikalikan 7 anggota KPPS sehingga mmebutuhkan 4025 TPS.

“Sehingga apabila nanti peserta KKN UMMAD ini mau bertugas sebagai KPPS tentu kami sangat bersyukur dan mengapresiasi sekali,” kata Rohaini. (Pujoko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Nazaruddin Malik yang akrab disapa pak Nazar resmi mengemban tugas seba....

Suara Muhammadiyah

13 February 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengan dan Pendidikan Non Formal (D....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta kembali menggelar Hari ....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk pertama kalinya, Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) men....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di  Kampus STIKes Muhammadiyah Tegal aksi yang digelar ol....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah